Mohon tunggu...
Irfan Thoyib Alamin
Irfan Thoyib Alamin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa aktif di salah satu universitas di indonesia

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Dorong UMKM Desa Jeblog Tembus Pasar Luas

24 Agustus 2025   23:20 Diperbarui: 24 Agustus 2025   22:16 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Klaten, 21 Agustus 2025 --- Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, menggelar pelatihan "Strategi Pemasaran di Era Digital" yang diinisiasi oleh mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI). Kegiatan ini bertujuan memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mampu memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk memasarkan produknya lebih luas, terutama melalui Instagram, Facebook, dan TikTok.

Kurang lebih sebanyak 25-30 peserta, mulai dari karang taruna, hingga pelaku usaha lokal mengikuti pelatihan yang digelar secara langsung di halaman warga desa pada 1 Agustus 2025 lalu. Mereka dibekali kemampuan membuat konten promosi menarik, memahami program afiliasi TikTok, hingga memaksimalkan fitur media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Desa Jeblog dikenal sebagai sentra pertanian dengan produk unggulan berupa beras organik serta budidaya ikan air tawar seperti nila dan lele. Namun, minimnya literasi digital selama ini membatasi pelaku usaha dalam memasarkan produk keluar desa. Pelatihan ini menjadi solusi awal untuk membuka akses pasar baru di era digital.

Pelatihan ini juga membuka ruang diskusi interaktif yang membantu peserta mengatasi kendala teknis maupun psikologis, seperti rasa gugup tampil di media sosial dan keterbatasan akses internet. Meski beberapa mengalami kesulitan konsisten membuat konten, hasilnya mulai terlihat dengan meningkatnya jumlah akun media sosial usaha yang aktif dan pesanan dari luar desa mulai masuk.

Kegiatan ini juga menghasilkan sejumlah luaran, termasuk laporan pelaksanaan, video dokumentasi, template konten promosi, dan daftar akun media sosial usaha desa yang menjadi aset bersama dalam upaya pengembangan ekonomi digital desa.

Dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah desa, dan masyarakat, Desa Jeblog berpotensi semakin berkembang sebagai desa mandiri yang beradaptasi dengan kemajuan teknologi tanpa meninggalkan potensi lokalnya.

Pada sesi sosialisasi "Strategi Pemasaran di Era Digital", para mahasiswa UNISRI memberikan materi langsung kepada pelaku UMKM dan masyarakat Desa Jeblog tentang pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai kanal pemasaran produk lokal. Foto menunjukkan suasana diskusi interaktif di mana peserta antusias mendengarkan penjelasan dan mempersiapkan diri mengadopsi teknologi digital dalam usaha mereka.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun