Mohon tunggu...
Irfan Suparman
Irfan Suparman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis untuk dikenang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mendampingi Anak Belajar Dapat Meningkatkan Nilai Akademik Anak, Ini Penjelasannya

24 November 2021   15:02 Diperbarui: 24 November 2021   15:14 123 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mendampingi anak sekolah. Sumber Pixabay.com

Mendampingi anak saat belajar sangatlah penting, apalagi saat pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah. Orang tua harus mengetahui hal ini jika ingin perkembangan belajar anak dapat meningkat secara masif.

Pentingnya mendampingi anak belajar di rumah merupakan peran orang tua. Pendampingan dalam proses belajar anak sangat dibutuhkan saat pandemi seperti ini.

Orang tua yang mampu mendampingi proses belajar anak, akan membuat proses belajar anak berjalan walaupun dalam keadaan pandemi. Sehingga perkembangan akademik anak meningkat.

Seperti yang dikutip dari The Conversation Indonesia, dengan mengambil hasil penelitian yang dilakukan, SMERU di Bukittinggi, Sumatera Barat, menunjukkan bahwa orang tua disana mendampingi anak mereka belajar saat di rumah.

Masyarakat Bukittinggi dikenal sangat mementingkan pendidikan bagi anak mereka. Orang tua di sana, mendampingi anaknya saat belajar di rumah.

Hasilnya jika orang tua berkomitmen untuk mendampingi anak belajar di rumah, dampaknya sangat positif, untuk capaian mereka di sekolah.

Disebutkan dalam penelitian itu, yang malah menunjukan peningkatan akademik anak pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019.

Artinya pendampingan belajar anak saat pandemi, malah lebih meningkatkan capaian mereka dibandingkan sebelum pandemi.

Pembahasan itu juga tidak hanya menjelaskan mengenai hasil penelitiannya saja.

Setelah hasil penelitian, mereka juga memberikan pedoman mendampingi anak belajar.

Orang tua harus menciptakan suasana nyaman dan tenang untuk anak belajar. Suasana nyaman dan tenang akan meningkatkan konsentrasi dan fokus anak pada saat belajar, sehingga dapat memahami pelajaran dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan