Mohon tunggu...
IrfanPras
IrfanPras Mohon Tunggu... Narablog

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Memuat ulang artikel untuk kebutuhan Fair Use diperbolehkan, sila hubungi penulis melalui surel: cupliswala@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Turki dan Upaya Kerasnya Demi Lolos ke Piala Dunia 2022

26 Maret 2021   20:04 Diperbarui: 28 Maret 2021   07:30 559 24 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Turki dan Upaya Kerasnya Demi Lolos ke Piala Dunia 2022
Burak Yilmaz (kiri) melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Belanda di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, 25 Maret lalu. | Foto: fanatik.com.tr

Turki memulai perburuan tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 dengan hasil manis. Menjamu lawan kuat, Belanda dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Olimpiade Ataturk, Burak Yilmaz dan kolega berhasil memetik 3 poin pertama.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa resmi dimulai dinihari kemarin (25/3). Hasil drawing menempatkan tim nasional Turki tergabung di grup G bersama Belanda, Norwegia, Montenegro, Latvia, dan Gibraltar.

Menghadapi Belanda di laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2022, Turki bermain apik di kandangnya. Kejutan mereka ciptakan kala sukses melumat habis Belanda dengan skor 4-2. Pahlawan dalam laga tersebut adalah striker sekaligus kapten tim, Burak Yilmaz yang berhasil mengemas 3 gol alis trigol.

Selain diwarnai 3 gol Burak Yilmaz, kemenangan Turki makin indah dengan lesatan gol jarak jauh Hakan Calhanoglu. Hakan juga main apik malam itu dengan tambahan 1 asis yang ia buat di awal laga. 

Turki juga menutup pertandingan dengan aksi heroik kiper Ugurcan Cakir yang sukses menangkap eksekusi penalti Memphis Depay tepat sebelum peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan 4-2 atas Belanda menjadi pembukaan manis Turki di kualifikasi Piala Dunia 2022. The Crescent-Stars terlihat prima dan meyakinkan. Maklum, Turki sedang berupaya keras lolos ke Piala Dunia ketiganya.

Terakhir kali Turki lolos ke Piala Dunia terjadi di tahun 2002. Kala itu mereka bikin kejutan dengan melaju hingga babak semifinal dan finish sebagai juara ketiga. Aktor mereka saat itu adalah Rustu Recber yang tampil impresif di bawah mistar gawang dan Hakan Sas yang masuk 11 terbaik turnamen.

Sepertinya, kiprah Turki di Piala Dunia 2002 itu jadi inspirasi sekaligus hendak ditiru oleh timnas Turki yang sekarang. Pasalnya, sejak tahun 2019 lalu, Federasi Sepak Bola Turki (TFF) resmi menunjuk kembali Senol Gunes sebagai pelatih tim nasional.

Senol Gunes bukanlah sosok asing di Turki. Dia adalah pelatih lokal dengan segudang pengalaman dan prestasi. Pernah membawa Trabzonspor dan Besiktas meraih trofi domestik, Senol pula yang membawa Turki dulu finish di posisi ketiga Piala Dunia 2002.

Secara kualitas pemain, komposisi timnas Turki yang sekarang punya kesempatan besar untuk lolos lagi ke ajang Piala Dunia. Senol Gunes juga sosok yang tepat dengan kemampuan dan kejeliannya memadukan pemain senior dan muda di timnas Turki.

Lolos ke Piala Dunia 2022 adalah hal wajib bagi Turki. Mentas lagi di ajang empat tahunan itu akan mengembalikan muruah sepak bola Turki yang lama tenggelam. Sejak juara 3 Piala Dunia 2002, sepak bola Turki di kancah internasional mengalami penurunan secara bertahap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN