Mohon tunggu...
Irfan Rusli
Irfan Rusli Mohon Tunggu... Menjunjung Tinggi Kebhinekaan

Warga negara biasa. Lahir di Kota Ambon. Sekolah di Pulau Buton, Kuliah di Kota Makassar. Sedang bermukim di Pulau Buton. Islam Progresif Berkebudayaan

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Kelaptar Sajian Buka Puasa Khas Ambon

11 Mei 2020   20:21 Diperbarui: 11 Mei 2020   20:27 46 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelaptar Sajian Buka Puasa Khas Ambon
Foto: dokpri

Kelaptar merupakan singkatan dari kelapa tarigu. Kelaptar kuliner khas Ambon berjenis roti. Sangat cocok dihidangkan sebagai menu berbuka puasa. Membuatnya pun sangat mudah dan tidak merogoh duit banyak. Mumpung pohon kelapa tumbuh subur di pekarangan. Jadi tidak sulit mendapat bahan utama, sehingga dapat dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Bahan yang diperlukan berupa:
. 1 Kg Terigu
* 5 buah kelapa muda segar
* Gula pasir
* Garam

Proses membuatnya:

Mula-mula belah kelapa muda pisahkan air dan daging buahnya. Simpan air kelapa muda di sebuah wadah. Selanjutnya serut daging buah kelapa yang masih menempel pada batok. Setelah itu, siapkan terigu pada sebuah wadah dan masukkkan  air kelapa beserta dagingnya telah diserut tadi secara perlahan. 

Sambil diaduk, tambahkan gula pasir sedikit saja. Mengingat adonan telah manis karena adanya air kelapa. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya agar rasanya lebih gurih. Aduk adonan hingga merata. Jika adonan telah rata, siapkan cetakan dan oles dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Tuang adonan kedalam cetakan dan panggang dalam oven. Kurang lebih 45 menit adonan telah matang ditandai dengan berubah warna  menjadi kecoklatan.

Perpaduan renyah saat dikunyah, menyatu dalam rasa manis dan kenyal khas kelapa. Merupakan kesan pertama ketika menyantap penganan ini. Lebih enak, jika dimasukkan dalam kulkas sensasi dingin, segar dan manis bersatu dalam sajian ini.
Selamat Mencoba

VIDEO PILIHAN