Mohon tunggu...
Money

Pentingnya Pemasaran dalam Suatu Usaha Bisnis

11 April 2016   08:02 Diperbarui: 11 April 2016   08:15 4594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mungkin kita sudah sering mendengar kata “Pemasaran” atau yang bisa dibilang juga “Marketing” di kehidupan sehari-hari kita. Banyak orang yang berkerja di bidang pemasaran seperti ini, seperti berkerja sebagai Sales Man/Girl, Marketing Officer, Manajer Marketing dan lain-lain. Tapi tau kah anda bahwa pemasaran itu merupakan suatu hal yang penting dalam suatu bisnis ? Dan tau kah anda bahwa Pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu bisnis ?

Pengertian pemasaran sendiri merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen (William J. Stanton). Pemasaran sangat penting bagi semua bisnis, tidak memandang bisnis tersebut besar maupun kecil. Apabila dalam suatu bisnis tidak adanya pemasaran, maka konsumen tidak akan mengetahui tentang sebuah produk yang dihasilkan dari bisnis tersebut dan membuat penjualannya menjadi rendah. Tetapi dengan melakukan suatu pemasaran yang baik maka akan membuat banyak orang tahu tentang produk usaha bisnis anda, dan memungkinkan banyak konsumen yang tertarik, terlebih lagi produk usaha bisnis anda memiliki kualitas dan nilai inovatif, dan keunikan.

Setelah melakukan pemasaran yang baik, konsumen mengetaui dan tertarik dengan usaha bisnis kita, maka anda dapat membangun kekuatan merk atau yang biasanya disebut juga sebagai “Brand Equity”. Brand Equity adalah efek diferensiasi yang positif yang dapat diketahui dari respon konsumen terhadap barang atau jasa. ( Kotler dan Armstrong, 2004 ). Dengan terbentuknya Brand Equity yang kuat tentunya dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan yang diperoleh menjadi tinggi, bahkan dapat stabil dan berkelanjutan dengan pengelolaan Brand Equity yang baik. Brand Equity juga dapat berpengaruh pada munculnya “Brand Loyalty” atau yang bisa diartikan juga sebagai kesetiaan pelanggan terhadap produk tersebut.

Dari hal tersebut dapat disimpullkan bahwa “Pentingnya pemasaran yang dilakukan dengan baik oleh suatu usaha bisnis yang dapat menghasilkan perhatian dan ketertarikan dari konsumen akan produknya serta dapat memunculkan Brand Equity dan Brand Loyalty terhadap usaha bisnisnya”

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun