Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Akibat Pandemi Covid-19 , Saya dan Teman-Teman Kena PHK

14 Januari 2021   20:22 Diperbarui: 14 Januari 2021   20:38 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Pribadi Tahun 2015

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2 Maret 2020 lalu memberikan dampak yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya , imbasnya termasuk dari sektor ekonomi yang akhirnya membuat perusahaan atau penjualan mengalami penurunan bahkan kebangkrutan .

Inilah yang membuat para karyawan maupun pekerja terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja massal dan disinilah yang membuat angka pengangguran di Indonesia semakin tinggi .

Termasuk saya sendiri yang mengalami ini , saya sempat bekerja di sebuah perusahaan toko sepatu dan sandal selama kurang lebih setahun terakhir . Akibat pandemi Covid-19 , omset penjualan terus menerus menurun dan pada akhirnya yang membuat saya dan teman-teman harus menerima kenyataan yaitu putus kontrak kerja dan tidak diperpanjang . 

Untuk barangnya seperti sepatu , kebanyakan yang dijual adalah sepatu anak-anak untuk sekolah . Karena masuk masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona yang masuk ke Indonesia dan juga melanda hampir seluruh negara di dunia , sistem sekolah juga menjadi sistem daring atau online yang membuat para siswa harus belajar dari rumah untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona atau Covid-19 . Maka dari itu , omset penjualan menjadi turun drastis dan cenderung sepi .

Saya sempat mencoba untuk mencari pekerjaan dari satu tempat ke tempat lainnya , namun hingga saat ini belum kunjung datang menghampiri . Namun meski begitu , saya tidak pernah menyerah dan menyesal . Karena saya percaya semua akan indah pada waktunya dan semua ada masanya .

Ibarat pepatah mengatakan " Hidup ini seperti roda pedati , kadang diatas , besok ditengah , lusa dibawah " karena kehidupan sesungguhnya dan waktu juga terus berputar .
Saya dan teman-teman , terus berusaha untuk sebisa mungkin mencari pemasukan dengan berbagai cara dan yang pastinya adalah halal . Dimulai dari ikut menjual masker , hand sanitizer , face shield , sampai menjadi penjual obat herbal yang diyakini bisa menjadi penghasilan tambahan dimasa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum kunjung usai .

Namun saya sempat punya harapan ketika saya ditunjuk sebagai MC atau host acara pada salah satu event live musik akustik , tepatnya pada tanggal 5 September 2020 yang berlokasi di salah satu cafe pujasera di Kabupaten Tangerang yang juga dihadiri oleh band Kekkai Official , Kekkai Official band ini digawangi oleh sang vokalis Jiboy Kageswara .  Hasilnya pun lumayan , meskipun tidak besar namun saya tetap bersyukur dengan apa yang saya dapatkan .

Masuk era new normal atau era kebiasaan baru yang sangat berbeda dari biasanya , yang sebenarnya tujuannya adalah memperbaiki ekonomi ditengah faktor kesehatan yang menjadi perhatian utama .

Karena , meskipun saat ini sistem vaksinasi Covid-19 sudah berjalan sejak Rabu 13 Januari 2020 kemarin oleh sejumlah tokoh dimulai dari Bapak Presiden Joko Widodo hingga Influencer public figure seperti Raffi Ahmad yang berlangsung di area Istana Kepresidenan Negara Jakarta.

Memang , semuanya terdampak dan tidak mengenakan , masa sulit disaat pandemi Covid-19 . Belum lagi diterapkan sistem seperti PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar , yang kini disebut PSBB Jawa Bali . PSBB Jawa Bali ini sudah berlangsung sejak Senin 11 Januari 2021 hingga Senin 25 Januari 2021 mendatang .

Semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir dan ekonomi Indonesia kembali pulih , kesehatan kita semakin baik dan tentunya masih harus tetap mematuhi protokol kesehatan misalnya dengan menggunakan masker , menjaga jarak , mencuci tangan serta menghindari kerumunan massa .

Salam sehat , salam hangat selalu untuk kita semua dan saya Irfan Maulana terima kasih .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun