Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Datangnya Musim Hujan dan Cobaan Pandemi Covid-19

5 Januari 2021   20:41 Diperbarui: 5 Januari 2021   21:03 59 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Datangnya Musim Hujan dan Cobaan Pandemi Covid-19
Sumber : Pixabay

Memasuki bulan Desember , Januari hingga puncaknya pada Februari biasanya akan menjadi musim hujan seperti sekarang ini . Dan satu hal lagi , tahun kini sudah berganti menjadi tahun 2021 yang dimana awal tahun ini kita juga masih harus melawan bahaya dari Virus Corona atau Covid-19 yang juga belum juga menunjukkan tanda-tanda selesai dalam waktu dekat .

Sejak pertama kali muncul di Indonesia per tanggal 2 Maret 2020 lalu hingga saat ini , masyarakat Indonesia dimanapun dan kapanpun harus selalu menaati dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan misalnya dengan menggunakan masker jika keluar rumah , menjaga jarak baik physical distancing ataupun social distancing , mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik serta menghindari kerumunan massa .

Ada apa dibalik musim hujan dan pandemi Covid-19 ? Jawaban ini berdasarkan analisa saya secara pribadi yang biasanya musim hujan yang diantaranya adalah perubahan pada tubuh kita . Perubahan itu antara lain jika kita keluar rumah pada saat hujan kita harus menggunakan payung atau jas hujan agar tidak kehujanan , selain itu kita juga harus waspada agar tidak sakit yang sangat identik dengan musim penghujan seperti batuk pilek yang terutama adalah seperti demam .

Mengapa demikian , penyakit seperti batuk pilek hingga demam tinggi merupakan salah satu gejala Covid-19 atau Virus Corona ini . Sehingga kita tetap dituntut untuk hidup sehat dengan memiliki 3 pedoman saat ini yaitu Aman , Iman dan Imun . Ditambah lagi dengan biasanya banyak terutama makanan atau minuman herbal yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti imunitas tubuh juga bisa menghangatkan tubuh kita seperti jahe merah , meniran , sambiloto , ataupun minuman seperti wedang jahe , susu jahe juga sekoteng .

Sementara itu untuk kasus Covid-19 di Indonesia per tanggal 5 Januari 2020 yang dikutip dari BNPB Indonesia , Kemenkes RI dan Satgas Covid-19 . Untuk jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 adalah 7.745 dan sehingga total keseluruhan adalah 779.548 kasus konfirmasi positif , sementara itu pasien sembuh bertambah 6.648 dan sehingga total keseluruhan adalah 645.746  pasien sembuh dan kasus yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 bertambah 198 orang sehingga total pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 berjumlah 23.109 orang .

Terlebih lagi kini kita sudah masuk kurang lebih 10 bulan melawan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan dan kasusnya masih tinggi disetiap harinya dengan pertambahan kasus , sementara itu di berbagai daerah di Indonesia akibat musim penghujan juga timbul bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sehingga semakin menghambat aktivitas masyarakat dan menjadi darurat bencana .

Tapi kita juga harus waspada terhadap virus mutasi Covid-19 baru-baru ini asal Inggris yang diinformasikan sudah masuk dikawasan ASEAN atau Asia Tenggara seperti Singapura , Vietnam dan Thailand . Meskipun demikian , kita juga punya kabar gembira yang dimana vaksin Covid-19 akan segera diberlakukan yang menurut informasi yaitu pada Rabu 13 Januari 2021 mendatang dan Bapak Presiden Joko Widodo akan menjadi orang yang pertama di vaksinasi  yang kemudian akan menjadi proses tahapan dari tenaga medis , pekerja publik , lansia , golongan masyarakat dengan resiko rentan hingga masyarakat umum di seluruh Indonesia di 34 provinsi .

Demikian informasi ini , tetap jaga kesehatan , stay safe and stay healthy , tetap terapkan protokol kesehatan misalnya dengan menggunakan masker , menjaga jarak , mencuci tangan serta menghindari kerumunan dan semoga pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir .

Saya Irfan Maulana terima kasih dan salam hangat selalu , salam sehat untuk kita semua .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x