Mohon tunggu...
Irene Cynthia Hadi
Irene Cynthia Hadi Mohon Tunggu... Jurnalis

Just an ordinary girl from Surakarta, who writes perfect moments at the perfect time...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jangan Khawatir, Nikmatilah Hidup di Masa Kini

23 November 2019   13:28 Diperbarui: 23 November 2019   13:37 29 1 0 Mohon Tunggu...
Jangan Khawatir, Nikmatilah Hidup di Masa Kini
Menikmati hidup (Ilustrasi: Pexels.com)

Suara AC di kamarku menderu ringan, memecah keheningan malam. Aku terbaring di atas kasur sembari memandang langit-langit kamarku yang gelap.

Pikiranku berkecamuk, seakan ada banyak masalah yang berusaha meringsek masuk. Mereka tak peduli bahwa aku ingin beristirahat sejenak. Mereka tak mau tahu betapa sesaknya hati ini, memikirkan rentetan beban dan masalah, batasan dan rasa tak aman yang berurutan.

Ya, kira-kira itulah sekelumit ceritaku di malam hari. Terkadang, itulah yang kita hadapi. Kekhawatiran, ketakutan, semuanya berkecamuk tiada henti. Harus diakui, manusia memang tak akan pernah bisa lepas dari masalah.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana kita bisa memecahkan masalah itu dan berpikir jernih untuk menyelesaikannya? 

Hidup di masa kini, mungkin itulah jawabannya. Sadar atau tidak, saat kita begitu khawatir akan masa depan, kita kehilangan waktu untuk menikmati masa kini. Padahal, mau dipikirkan seperti apapun, toh masa depan tidak ada yang tahu bukan?

Kita bukan peramal, kita ini manusia biasa. Kita bisa merencanakan sesuatu, mengusahakannya, namun hanya Tuhan yang bisa memberikan restu atas kehidupan.

Bisa jadi sekarang kita sehat dan kaya. Namun siapa yang tahu akan hari esok? Satu-satunya cara untuk bertahan adalah, tetaplah berpikir optimis. Jalanilah hidupmu dengan kebahagiaan. 

Ingat, masalah takkan selesai jika kita hanya memikirkannya saja tanpa bertindak. Tetaplah berdoa, tetaplah berusaha. Tetaplah mencoba dan janganlah menyerah. Cobalah untuk menikmati setiap momen indah yang Tuhan berikan untuk kita.

Sekadar makan bersama sahabat, orang tua, pasangan atau bahkan menikmati angin malam bersama di atas motor, itu semua adalah sebuah kenangan yang tak ternilai harganya. 

Janganlah hidup di masa lalu, jangan pula hidup di masa depan. Seperti ada pepatah dari Lao Tzu: "If you are depressed, you are living in the past. If you are anxious, you are living in the future. If you are at peace you are living in the present (Jika Anda depresi, Anda hidup di masa lalu. Jika Anda cemas, Anda hidup di masa depan. Jika Anda merasa damai, Anda hidup di masa sekarang)."

Lakukanlah yang terbaik, nikmati setiap momen kehidupan, jadilah berani dan jalani hidup dengan kebahagiaan..... (cyn)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x