Mohon tunggu...
Ira AyuAnanda
Ira AyuAnanda Mohon Tunggu... Sekretaris - Mahasiswa Kesehatan

tempat portofolio dari writing enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengungkap Fakta-Fakta Psikologis Gelap

13 November 2023   08:45 Diperbarui: 13 November 2023   09:30 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Didalam kompleksitas pikiran manusia terdapat berbagai lapisan dan dimensi yang belum sepenuhnya terungkap. Salah satunya adalah fakta-fakta psikologis gelap, segelintir aspek menarik dalam psikologi manusia yang seringkali terabaikan. Mari kita gali lebih dalam dan memahami lapisan tersembunyi dalam pikiran kita.

Prinsip Dasar Fakta Psikologis Gelap
Fakta-fakta psikologis gelap mencakup segala sesuatu yang mendasari pikiran, emosi, dan perilaku manusia yang seringkali tersembunyi atau tabu. Ini mencakup sisi gelap dari kepribadian manusia yang seringkali tidak kita sadari atau kita coba disembunyikan dari orang lain dan bahkan diri kita sendiri. Mempelajari fakta-fakta psikologis gelap ini membuka jendela ke dalam aspek-aspek tersembunyi dari pengalaman manusia.

Sifat Diri Tidak Rasional

Salah satu fakta psikologis gelap adalah bahwa manusia seringkali tidak sepenuhnya rasional, meskipun kita mungkin berpikir sebaliknya. Pikiran kita terpengaruh oleh emosi, interpretasi yang bias, dan pengaruh-pengaruh tak sadar. 

Ketika kita menyadari bahwa pikiran kita tidak selalu objektif, ini membantu kita untuk lebih teliti dalam pengambilan keputusan dan memahami berbagai emosi dan motivasi yang menggerakkan tindakan kita.

Sistem Pertahanan Diri yang Kuat
Fakta psikologis gelap lainnya adalah adanya sistem pertahanan diri yang kuat di dalam pikiran manusia. Manusia cenderung menggunakan mekanisme pertahanan diri untuk melindungi diri dari konflik emosional atau kebenaran yang tidak diinginkan. Ini termasuk penyangkalan, projeksi, reaksi berlebihan, pemindahan, dan mekanisme lainnya yang membantu kita untuk menghadapi situasi sulit atau melindungi diri dari kebenaran yang sulit ditanggung.

Kecenderungan Mengabaikan Ketidaksempurnaan
Fakta psikologis gelap lainnya adalah manusia seringkali cenderung mengabaikan ketidaksempurnaan dalam diri mereka sendiri. Manusia seringkali mempertahankan citra yang sempurna atau ideal dari diri mereka sendiri, tanpa mau mengakui kegagalan, kesalahan, dan kelemahan. Ini juga dapat mempengaruhi interaksi sosial kita, di mana kita seringkali berusaha untuk menjaga kesan positif tentang diri kita sendiri.

Dorongan Tersembunyi
Fakta psikologis gelap dapat mencakup dorongan-dorongan tersembunyi yang mendasari perilaku manusia. Ambisi yang tak terkontrol, keinginan untuk menguasai dan mengendalikan orang lain, kecemburuan yang berlebihan, atau ketakutan akan penolakan adalah beberapa contoh dorongan tersembunyi yang dapat mempengaruhi tindakan kita. Memahami dorongan-dorongan ini membantu kita untuk lebih sadar dan mengelola mereka dengan bijaksana.

Menghadapi Fakta Psikologis Gelap

Menghadapi fakta-fakta psikologis gelap adalah langkah penting dalam perjalanan pertumbuhan pribadi dan pemahaman diri. Dengan menyadari fakta-fakta ini, kita dapat menghilangkan tabu dan mengeksplorasi sisi gelap kehidupan manusia yang seringkali diabaikan. Ini juga membantu kita untuk menjadi lebih bijaksana dalam melihat diri sendiri dan orang lain tanpa keputusan terburu-buru atau penilaian yang dangkal.

Fakta-fakta psikologis gelap mengungkap lapisan tersembunyi dalam pikiran manusia yang jarang dieksplorasi. Memahami fakta-fakta ini membantu kita untuk mengakui ketidaksempurnaan dan dorongan-dorongan tersembunyi yang dapat mempengaruhi tindakan kita. 

Dalam perjalanan menuju pertumbuhan pribadi dan pemahaman diri yang lebih dalam, mari kita hadapi dan terima fakta-fakta psikologis gelap ini sebagai bagian integral dari kompleksitas manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun