Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Sejarawan - Penulis Tema Sastra untuk Sejarah, budaya, astronomi dan pemberdayaan kampung

Tengah terpikat eksplorasi cosmic consciousness dan hubungannya dengan peradaban dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sumbangsih Kampoeng Sedjarah Mewujudkan Malang Kota Pejoeang

7 Agustus 2022   23:49 Diperbarui: 8 Agustus 2022   00:07 123 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokpri Reenactor Malang

Malang Kota Pejuang, dan menjadikan Tugu Depan Balaikota Malang disebut sebagai Tugu Juang adalah merupakan ide yang sangat menarik, mengingat sejarah perjuangan arek arek malang pada masa revolusi kemerdekaan sangat luar biasa. 

Salah satu komunitas yang peduli akan hal tersebut adalah Reenactor Malang. Bagaimana sumbangsih Reenactor Malang, khususnya melalui Kampoeng Sedjarah Kelurahan Sumbersari ini berjuang mewujudkan Malang Kota Pejuang? Berikut Ulasannya.

Asal Mula Reenactor Malang

Komunitas ini berdiri di Kelurahan Sumbersari Kota Malang sejak 2007. Kiprah awalnya mensupport gelar Malang Tempo Doeloe dan menjadi Sahabat Museum di Museum Brawijaya Malang. 

Reenactor Malang juga aktif mengikuti beberapa giat kesejarahan, antara lain Parade Joeang di Surabaya, Peringatan Serangan Umum di Jogjakarta, dan Indonesia Comunity Day yang digelar di Taman Krida Budaya Malang. Reenactor Malang juga pernah menjadi Narasumber Dalam Seminar Sejarah Nasional di UGM Jogjakarta.

Reenactor Malang adalah Penggagas berdirinya Kampoeng Sedjarah di Kelurahan Sumbersari dan inovasinya adalah mendirikan Museum Reenactor Malang pada tahun 17 Agustus 2017. 

Kampoeng Sedjarah kelurahan Sumbersari adalah salah satu Pemenang dalam Gelar Lomba Kampung Tematik di Kota Malang. Museum ini adalah satu satunya museum se Indonesia yang mengangkat tema Historical Reenactment.

Bagaimana Museum Reenactor tersebut, berikut liputannya:


Kiprah Reenactor Malang selaku Penggagas Tawangsari Kampoeng Sedjarah ini adalah upaya nyata mengangkat potensi Wilayah kelurahan Sumbersari, dan memperjuangkan Malang sebagai Kota Pejuang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan