Mohon tunggu...
Irawan Abidin
Irawan Abidin Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswa Pertanian

Selamat datang di koran sawit perkebunan dan pertanian masa kini YT: Koran Sawit Media Center "Koran Sawit"

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Merawat Motor Kebun ala Planters Kelapa Sawit

2 Oktober 2023   07:00 Diperbarui: 2 Oktober 2023   08:27 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Motor diperkebunan Kelapa Sawit harus di rawat dan di jaga ((Irawan Abidin)

Menjaga performa kendaraan motor merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan sebagai pemilik motor yang ada pada kita khususnya para pemiliknya agar motor tetap dalam kondisi sehat.

Terutama pada musim hujan kita harus memperhatikan kondisi motor kita dalam menjaga kebersihan karena saat motor kita bersih kita juga selalu nyaman dalam menggunakan nya.

Terkhusus saat kita bekerja di lapangan sebagai operasional kebun, tentunya motor menjadi kendaraan penting untuk kita melakukan operasional dalam memonitor kegiatan dilapangan.

Kita tahu bahwa di perkebunan kelapa sawit mendominasi jalan-jalan tanah tentunya saat musim hujan dan panas tentunya kendaraan kita akan terkana dampaknya seperti debu dan becek terkena cipratan air.

Untuk itu kita sebagai pengguna motor hendaklah kita merawat dan menjaga motor kita dari debu dan percikan air hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja dari motor kita.

Untuk itu saya sedikit memberikan pengalaman kepada sahabat sawit tentang menjaga dan merawat motor di saat di sela sela kesibukan kita di lapangan bagaimana mana caranya? Berikut ulasannya:

1. Mencuci Motor 

Mencuci Motor merupakan salah satu kegiatan untuk merawat dan menjaga motor dari kotoran dan debu, untuk itu mencuci motor wajib dilakukan agar motor terlihat bersih dan kinclong.

Namun jika kita jarang melakukan mencuci motor kita maka performa motor kita akan berkurang dikarenakan banyak kotoran menempel pada mesin dan lainnya, selain itu jika jarang mencuci motor akan ada karat pada besi ataupun mesin kita.

Untuk itu penting bagi kita untuk mencuci motor kita, jika kita tidak sempat mencuci motor kita minimal kita bisa menyirami bagian tertentu yang kotor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun