Mohon tunggu...
Mohammad Iqbal
Mohammad Iqbal Mohon Tunggu...

aku bukan siapa-siapa.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Dilemma Punya Nama Mohammad Iqbal

19 Oktober 2012   09:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dilemma Punya Nama Mohammad Iqbal
13506389861018963566

Setiap nama itu adalah doa. Itulah sepenggal kalimat yang sering kita dengar jika sedang berargumen bagus-bagusan nama atau pas debat ketika memilih nama yang baik untuk anak, anak temen, tetangga, keponakan atau siapapun. Tapi pernah terpikir gak nama lo itu berasal dari mana dan berapa banyak sih jumlah populasinya di suatu wilayah tertentu? Baiklah, sekarang beri waktu gw untuk menceritakan sekelumit dari nama yang gw sandang selama hidup ini dan anugerah dari orang tua (walaupun ternyata pasaran).

Pasaran? Absolutely yes! Gw yakin semua orang punya temen yang namanya Mohammad Iqbal, at least hanya Mohammad atau Iqbal aja. Akhirnya gw iseng googling dengan keyword "Mohammad Iqbal", dan ini hasilnya: Dan gw kembali iseng lagi googling dengan keyword "population mohammad iqbal", tujuannya sih gw mau mencari berapa banyak sih manusia di bumi ini yang namanya Mohammad Iqbal dan ternyata beneran ada loh website yang ngitung populasi suatu daerah berdasarkan nama. Yaah walaupun yang ketracking cuma wilayah Amerika Serikat aja, tapi gak papa deh. Ini hasilnya kalo mau liat:

1350639056753193118
1350639056753193118
Di situ tercatat bahwa Amerika Serikat punya 265 orang yang bernama Mohammad Iqbal dan tersebar di beberapa negara bagian di sana. Hebatnya lagi, New York tercatat sebagai negara bagian paling banyak dengan total 83 orang! disusul Texas dengan 33 orang dan California dengan 30 orang. Kebayang gak? Itu baru Amerika Serikat loh, yang notabene-nya negara dengan mayoritas non-muslim dan gw yakin para Mohammad Iqbal di sana kebanyakan teman-teman imigran yang sekolah atau kerja di sana karena Amrik sendiri juga terkenal sebagai negara multi etnis dan tingkat demokrasi yang tinggi. Bagaimana dengan populasi pengguna nama Mohammad Iqbal di Indonesia atau di beberapa negara asia lainnya? Sayangnya gw ga menemukan website yang seperti dilakukan whitepages.com. Namun tentunya lebih banyak dibanding yang di Amrik. Nah itu bicara populasi, sekarang bicara penderitaan gw yang selalu kebingungan mencari alternatif username buat bikin email, social media, member di news portal atau apapun. Cukup memeras otak juga sih tapi lumayan jadi buat otak gw berpikir. Tapi gw bangga men punya nama Mohammad Iqbal. Tau ga kenapa? Karena pada tanggal 9 November 1877, lahirlah sosok bayi bernama Muhammad Iqbal (dikenal juga bernama Allama Iqbal) di Pakistan. Seorang pemikir filsafat dan pujangga terkenal yang sukses pada zamannya. Hebat kan? Dilema kan mau seneng disamakan dengan orang sukses dan terkenal apa nyesel punya nama pasaran? Apapun perasaan gw, orang tua selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Makanya tanpa basa-basi ibuku tercinta langsung memutuskan memberi nama itu untuk gw. Dengan harapan anaknya dapat sukses seperti Muhammad Iqbal di Pakistan, Amiiieen.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x