Mohon tunggu...
IQBAL NURGUNAWAN
IQBAL NURGUNAWAN Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lulusan Satrasia Unikama Merintis Karier sebagai Penerbit

20 Juni 2023   13:35 Diperbarui: 20 Juni 2023   13:44 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Impian dan tujuan hidup setiap orang pasti berbeda-beda. Bagi saya, Iqbal Nur Gunawan, menjadi seorang penerbit adalah impian yang terus membakar semangat saya. Lulus dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang adalah langkah awal yang kuat dalam mewujudkan impian tersebut. Bagi saya, perjalanan ini adalah tentang menggabungkan cinta dan minatnya terhadap bahasa, sastra, dan keinginan kuat untuk berkontribusi dalam dunia penerbitan.

Sejak awal, saya telah menunjukkan ketertarikan yang mendalam terhadap literasi dan dunia sastra.  Saya menemukan sukacita dalam membaca berbagai karya sastra dan menggali makna di balik setiap kalimat. Kecintaan saya terhadap bahasa dan sastra tumbuh lebih dalam saat saya memasuki jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di universitas terhormat ini. Saat belajar di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, saya menyerap pengetahuan yang luas tentang bahasa, struktur sastra, analisis teks, dan penerbitan. Menggali setiap aspek ini dengan antusiasme dan semangat yang tak tergoyahkan.

Bagi saya, bahasa adalah alat yang kuat untuk menyampaikan pikiran, emosi, dan kisah. Saya belajar menghargai keindahan bahasa dan cara kata-kata dapat menyentuh jiwa pembaca. Pada saat berkuliah, saya belajar tentang keindahan puisi, kekuatan narasi, dan kecerdasan penulis dalam menciptakan karya-karya yang berkesan. Semua ini membentuk dasar penting dalam perjalanan menuju penerbitan. Saya juga menyadari bahwa sastra adalah cerminan masyarakat dan budaya.

Saya menjelajahi karya-karya sastra Indonesia, mulai dari klasik hingga kontemporer, mempelajari konteks sejarah dan sosial di balik setiap karya tersebut. Saya sangat menghargai keberagaman dan keunikan dalam sastra Indonesia dan ingin memastikan bahwa karya-karya yang dihasilkan oleh penerbitannya mencerminkan keragaman ini. Namun, minat saya tidak berhenti hanya pada kecintaannya terhadap bahasa dan sastra. Saya juga merasa terpanggil untuk berperan dalam mempengaruhi dunia literasi dan membantu penulis-penulis berbakat mendapatkan pengakuan yang mereka layak. Dengan latar belakang pendidikan bahasa dan sastra, saya mengerti bagaimana mengidentifikasi kualitas sebuah naskah, melakukan penyuntingan yang tepat, dan memastikan bahwa karya tersebut dihadirkan secara sempurna kepada pembaca.

Dari sudut pandang saya, menjadi seorang penerbit bukan sekadar pekerjaan, tetapi panggilan jiwa. Saya merasa terpanggil untuk memperkenalkan karya-karya baru ke dunia, memberikan pengaruh positif, dan mendukung para penulis yang berbakat. Saya ingin menerbitkan buku-buku yang berarti, memotivasi pembaca, dan memperkaya khazanah sastra Indonesia. Selain itu, sebagai seorang penerbit, saya juga ingin menjadi perantara antara penulis dan pembaca. Saya ingin memastikan bahwa suara-suara penulis yang berbakat didengar dan diperhatikan.

Saya ingin menciptakan platform yang memfasilitasi pertukaran ide dan diskusi yang kaya, sehingga sastra Indonesia semakin berkembang dan dihargai di tingkat global. Menjadi seorang penerbit bukan hanya tentang menerbitkan buku, tetapi juga tentang menghubungkan penulis dengan pembaca. Saya menyadari pentingnya peran seorang penerbit dalam mempromosikan karya yang diterbitkan dan membangun hubungan dengan para penulis. Saya memahami bahwa dalam era digital ini, kehadiran online dan strategi pemasaran yang cerdas sangat penting dalam memperluas jangkauan pembaca.

Selama perjalanan menuju dunia penerbitan, saya tahu bahwa tantangan akan ada di setiap langkah. Saya siap menghadapi kemungkinan penolakan dan rintangan yang mungkin muncul. Namun, keyakinan dan semangat tidak akan pernah pudar. Saya percaya bahwa pengetahuan yang saya dapat selama berkuliah di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, komitmen untuk terus belajar, dan ketekunan dalam mencapai tujuan akan sangat membantu saya meraih kesuksesan.

Dengan lulus dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, saya merasa siap untuk menghadapi tantangan dan menjalani peran sebagai seorang penerbit. Saya berharap dapat terus belajar, terus berinovasi, dan terus menciptakan dampak positif dalam dunia penerbitan. Mungkin perjalanan ini tidak mudah, tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat, saya yakin saya dapat mewujudkan impian saya menjadi seorang penerbit yang sukses. Dunia penerbitan menantikan kedatangan kita semua, para pemimpin masa depan industri ini. Bersama-sama, mari kita lanjutkan perjalanan ini, memperkaya sastra, dan menerbitkan karya-karya yang akan menginspirasi dan mengubah dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun