Mohon tunggu...
Iqbal Fadhlurrohman
Iqbal Fadhlurrohman Mohon Tunggu... Hanya Mahasiswa yang sedang belajar

Pendampingan dan penguatan dalam bidang ekonomi dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peningkatan Usaha bagi Pengusaha Kecil Selama Masa Pandemi Covid-19

5 Desember 2020   16:52 Diperbarui: 6 Desember 2020   20:52 14 0 0 Mohon Tunggu...

Sudah beberapa bulan lamanya kita menjalani aktivitas sehari-hari di masa pandemi covid-19. Virus kecil yang menyebabkan berbagai kekacauan di Indonesia dan juga di belahan dunia, angka kematian dan kasus orang yang positif terkena pandemi pun kian hari terus meningkat terutama di negara kita, Indonesia. Meskipun angka kesembuhan terus meningkat tetapi itu bukan menjadi sebuah alasan bahwa angka yang positif terdampak covid-19 berkurang.

Dilansir dari liputan6.com angka kasus positif terkonfirmasi covid-19 tembus 8.369 pada hari kamis, 3 desember 2020. Dan hal ini membuktikan tingginya kasus covid-19, hal ini juga yang menyebabkan susahnya orang-orang yang ingin mencari nafkah bagi keluarganya karena terhalang oleh bahaya dari virus ini. Teruma bagi mereka yang menjalankan sebuah usaha kecil atau yang baru menjalankan usahanya. Hal ini yang melatarbelakangi kegiatan KKN pun dilakukan berbasis daring demi bisa meningkatkan kembali para pengusaha yang mengalami kesulita dari dampak pandemi covid-19 ini.

Salah satu Universitas yang menyelenggarakan KKN di masa pandemi adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas yang dikenal dengan sebutan UPl ini mengusung sebuah tema yaitu, Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. KKN ini dimulai sejak 16 november 2020. Sesuai dengan tema yang diusungnya, KKN ini bertujuan untuk bisa memberikan edukasi dan penguatan mengenai pencegahan mengenai covid-19 dan penanggulangan dampak dari pandemi ini. KKN ini dilaksanakan di tempat daerah masing-masing mahasiswa dan berbasis online.

Dalam bidang kewirausahaan, KKN ini bertujuan untuk mendampingi dan penguatan dalam inovasi produk, peningkatan mutu, dan pemasaran serta manajemen usaha berbasis IT bagi pengusaha kecil/kaki lima/tidak memiliki usaha yang terdampak Covid-19 secara daring.

Mahasiswa dituntut untuk bisa membantu para pengusaha semaksimal dan semampu yang mereka bisa kerjakan dan bantu, untuk meningkatkan usaha yang terpuruk karen menurunnya tingkat pemasaran produk yang berdampak pada turunnya pemasukan yang membuat kerugian besar bagi para pengusaha, menghambat mereka untuk terus melanjutkan usaha karena kerugian jauh lebih besar dari pada pemasukan, beberapa pengusaha pun tidak memahami mengenai pemasaran produk secara IT yang menyebabkan kurang dikenal oleh masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan segala sesuatu secara daring dari pada keluar rumah dan membahayakan dirinya dengan penularan virus covid-19.

Peningkatan dan penguatan ini, mahasiswa memberikan beberapa saran, solusi, gagasan, ide dan masukan kepada para pengusaha yang menjadi target dari KKN yang dilakukan. Semual hal tersebut dilakukan secara daring melalui media Gmeet, Zoom, WhatsApp dan lain-lain. Namun karena durasi yang terlalu panjang dan tidak bisa memaksimalkan pendampingan dan penguatan secara daring karena adanya beberapa hambatan yang harus dihadapi, seperti masalah jaringan, kuota internet. Tetapi meski banyaknya rintangan bukan berarti membuat semangat para pengusaha serta mahasiswa yang menjalankan program KKN menjadi menurut.

Pemberian penguatan dan pendampingan terus dilakukan demi meningkatkan usaha bagi pengusaha kecil. Dengan memberikan sebuah inovsai produk dengan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen, meningkatkan kualitas produk, menciptakan pasar baru di tengah masyarakat, contohnya seperti masker dan hand sanitizer yang diperlukan masyarakat di masa pandemi ini. Memberikan penguatan berbasis IT, dengan memaksimalkan kemampuan dalam pemasaran online yaitu menjual produk ke berbagai situs jual beli online seperti shopee, lazada, toko pedia dan lain sebagainya. Dan juga membuat sebuah video promosi atau iklan di sosial media seperti Instagram, WhatsApp, Youtube, Line untuk memperkenalkan produk dengan skreatif dan semerik mungkin agar bisa menarik perhatian dan ketertarikan konsumen dengan produk yang dibuat para pengusaha.

Program yang dilakukan tersebut semata-mata untuk meningkatkan nilai dari pengusaha itu sendiri dimata masyarakat. Sebenarnya masih banyak kegiatan yang dilakukan dalam program KKN tematik ini yang sangat bermanfaat demi meningkatkan para pengusaha kecil yang mengalamu kesulitan di masa pandemi ini. Bantuan penguatan dan peningkatan dalam inovasi produk, peningkatan mutu dan pemasaran serta manajemen usaha berbasis IT bagi para pengusaha kecil yang terdampak covid-19 ini bisa diakses di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dengan kata kunci.

#KKNUPI2020

#KKNCOVID-19UPI

#KKNUPI2020EKONOMI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x