wabah virus covid 19 yang telah membuat pandemic di seluruh dunia ini dan juga termasuk di negara Indonesia. Pandemic ini juga membuat banyak perusahaan yang gulung tikar di karenakan minim nya nilai profit yang di dapat perusahaan, sehingga banyak nya pengangguran sudah jelas dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Ada pun perusahaan yang masih bertahan di era ini dan membuat kebijakan baru agar mampu mengikuti aturan yang di ajurkan oleh pemerintah pada saat pamdemic. Salah satu kebijakan yang baru yaitu dengan WFH (Work From Home) system kerja yang di lakukan dari rumah sehingga tetap tetap bekerja di rumah tidak perlu keluar rumah. Bagaimana dengan system marketing perusahaan dengan adanya pandemic saat ini ?, apakah dengan melakukan WFH masalah marketing perusahaan teratasi?, siapa saja yang melakukan WFH ini ?.
pertanyaan ini sering di tanyakan oleh setiap perusahaan disaat pandemic, karena dunia marketing inilah ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Karena dari kebiasaan dalam hal marketing sering terjadi jual beli dengan cara tatap muka sehingga adanya transaksi di kedua belah pihak. Dalam hal inilah setiap perusahaan membuat kebijakan baru di marketing nya agar dapat tetap berjalan, salah satu contohnya dengan menambahkan divisi pengiriman sendiri sehingga membantu dalam hal system marketing yang dimana sales (pelaku marketing di perusahaan) dapat tetap bekerja dengan berkomunikasi dengan pelanggan dari rumah. Dengan aturan baru inilah mungkin bisa menjawab semua pertanyaan diatas.
Di setiap musibah yang ada, pasti ada cara yang baru dalam hal menangani musibah tersebut. dan juga di setiap musibah kita pasti menemukan pengalaman baru yang membuat kita bisa melewati semua ini. Sabar dan tetap semangat adalah kunci di setiap masalah yang ada, semoga masa pandemic ini cepat selesai sehingga semua Kembali ke massa normal. Dan tetap jaga kondisi Kesehatan bagi setiap masyarakat dan patuhi protocol Kesehatan yang di berikan oleh pemerintahan.