Mohon tunggu...
Iqbal Maulana Akhsan
Iqbal Maulana Akhsan Mohon Tunggu... -

proud to be Indonesian

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rasisme Part 1: Asal Muasal Perbedaan Ras

30 Agustus 2020   23:17 Diperbarui: 30 Agustus 2020   23:04 529 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rasisme Part 1: Asal Muasal Perbedaan Ras
Sumber: Zonapenemuan.blogspot.com

Warna rambut, warna kulit, etnis atau ras, keempat hal itu pada mulanya mungkin hanya sekedar indentitas biologis seseorang dalam kehidupan masyarakat. Perbedaan warna kulit dsb-nya yang telah disebutkan di atas sudah menjadi hal yang biasa tanpa adanya keunggulan dalam setiap perbedaannya. Namun, kadang-kadang banyak sekali orang-orang yang menggap bahwa ras atau etnis tertentu adalah etnis yang lebih baik atau unggul dari etnis lainnya. Sebelum terlalu jauh, pertama penulis ingin menjelaskan terkait ras terlebih dahulu.

Pengertian ras

Burhanuddin mengatakan bahwa ras berasal dari bahasa latin yaitu radix yang memiliki arti akar atau asal. Namun Koibur mengatakan bahwa ras berasal dari bahasa Prancis-Italia yatu razza yang memiliki arti pembedaan variasi penduduk berdasarkan tampilan fisik: warna rambut, warna kulit, bentuk mawa dan bentuk tubuh.  Adapun menurut Koentjaraningrat (1980) bahwa ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukan berbagai ciri-ciri tubuh tertentu dengan frekuensi yang besar (bersifat jasmani) . Namun, secara umum ras adalah pengelompokan berdasarkan ciri biologis, bukan berdasarkan ciri-ciri sosiokultural. 

Antropolog kenamaan kebangsaan Amerika Serikat: Alfred Louis Kroeber membagi ras yang ada di dunia ini menjadi 3: ras mongolid, ras negroid, dan ras kaukasoid. Berikut adalah penjelasan masing masing dari ketiga ras di atas:

1. Ras Mongolid

Ras mongolid merupakan ras yang menetap di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar dan beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oscania. Ciri Utama dari ras ini adalah kulitnya yang berwarna kuning, namun tidak semuanya berwarna kuning. Sebagai contoh penduduk asli Amerika Selatan dan Amerika Utara--sebelum peperangan imigran eropa di Amerika berperang dengan penduduka asli Amerika atau lebih dikenal dengan suku Indian--kulit mereka berwarna merah. Sedangkan orang-orang Asia Tenggara berwarna kulit coklat atau sawo matang. 

Ciri khas utama dari ras mongolid ini adalah rambut mereka yang berwarna hitam. Selain itu, ukuran badan mereka lebih kecil dari ras-ras lainnya. Penamaan ras ini dengan mongolid tidak bisa dipisahkan dari suatu negaradi benua Asia yaitu Mongolia yang pernah menjadi penguasa dunia dengan Gengis Khan-nya (Wikipedia)

2. Ras Kaukasoid

Ras kaukasoid ini adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Bagian Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Ciri khas dari ras kaukasoid ini memiliki ciri yang khas, yaitu kulit mereka yang berwarna putih. Ras ini juga banyak menempati wilayah Amerika Utara, Australia, sebagian Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

3. Ras Negroid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x