IPrice Group
IPrice Group Riset dan Konten E-Commerce

Akun Official dari iPrice Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Panduan Produk E-wallet untuk Belanja Online

13 September 2018   09:41 Diperbarui: 13 September 2018   09:48 851 0 0
Panduan Produk E-wallet untuk Belanja Online
www.shutterstock.com

Belanja online adalah salah satu hal yang cukup digandrungi sekarang ini. Salah satu elemen belanja online yang sangan penting yaitu metode pembayarannya.

Saat ini, ada banyak metode untuk melakukan pembayaran saat online shopping salah satunya dengan pembayaran non-tunai melalui e-Wallet. Dengan perkembangan yang cukup pesat, aplikasi e-Wallet di Indonesia semakin banyak, maka dari itu tim iPrice melakukan riset untuk menyajikan data tentang produk-produk dompet elektronik di tanah air.

Jika kita mengetahui usutnya, kehadiran e-commerce dalam dunia perbisnisan di Indonesia adalah salah satu faktor utama yang memancing perkembangan teknologi fintech di Indonesia. 

Sejak teknologi fintech muncul di Indonesia, banyak perusahaan baru yang memberanikan diri terjun ke industri uang elektronik. Salah satu misi yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan tersebut adalah memudahkan segala transaksi keuangan dan menyediakan informasi-informasi apapun yang berhubungan dengan keuangan. 

Salah satu layanan teknologi fintech yang sedang marak di Indonesia yakni metode pembayaran yang mudah dan digunakan di mana saja dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet; e-Wallet.

Indonesia yang dulunya hampir tidak ada harapan di dunia cashless payment (pembayaran non-tunai), terselamatkan dengan booming-nya smartphone

Menurut Statista, angka pengguna ponsel dengan akses internet di Indonesia menginjak 62.78juta pada tahun 2015 dan tetap naik dengan stabil hingga saat ini. Angka ini diprediksi akan mencapai 113.48juta pada tahun 2022.

Kehadiran produk-produk e-Wallet (dompet elektronik) oleh perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia dan angka pengguna ponsel dengan akses internet di Indonesia adalah dua faktor dominan yang menyebabkan aplikasi pembayaran non-tunai menjadi trend di Indonesia.

Berdasarkan riset yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan perusahaan-peruhasaan yang menerbikan e-Wallet sudah mengimbangi kepemilikan smartphone di tanah air dengan meluncurkan e-Walletberbasis mobile apps. Beberapa fakta menarik juga kami temukan dari hasil riset kami:

Biaya administrasi atau pengolahan saat isi saldo

Kebanyakan pengguna layanan e-Wallet selalu silap tentang biaya administrasi atau pengolahan yang dipotong saat melakukan isi ulang saldo (top-up). Contohnya saat mengisi ulang saldo Go-Pay anda dengan bank transfer, anda akan dikenakan cas senilai Rp 6500 atau sesuai dengan kebijakan pihak bank tersebut. Walaupun begitu kasus ini hanya terjadi saat anda mengisi saldo aplikasi e-Wallet atau e-Money anda melalui transfer bank, atau saat anda mengisinya di merchant-merchant lain seperti Alfamart dan Indomaret dengan cas senilai Rp 1000-Rp2000.

Beberapa aplikasi seperti Go-Pay memiliki alternatif top-up tanpa biaya administrasi apapun saat dilakukan melalui driver Gojek, sedangkan top-up melalui medium lain akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan bank atau merchant tempat top-up dilakukan.

Hanya 30% yang bisa di top-up melalui M-Banking (Mobile Banking)

Dengan kepemilikan ponsel yang mencapai 91% di Indonesia, masih banyak applikasi e-Wallet yang tidak menyediakan mobile banking sebagai salah satu medium pengisian saldo. Hal ini cukup mengejutkan mengingat hampir seluruh rakyat di tanah air memiliki ponsel dah bahkan mungkin beberapa orang memiliki lebih dari satu ponsel. 

Sebagai gantinya, lebih dari 90% perusahaan-perusahaan penyedia layanan bayar elektronik yang tertera di bawah ini menyediakan fitur top-up via kartu kredit, debit dan transfer bank.

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, hanya beberapa layanan pembayaran elektronik yang menggunakan mobile banking sebagai medium top-up; Go-Pay, OVO, t-Cash, DokuWallet, dan Sakuku BCA.

Hampir 70% dari aplikasi e-Wallet bisa di top-up melalui Alfamart and Indomaret

Saat ini Alfamart dan Indomaret sudah berhasil menempatkan cabang-cabang mereka hampir diseluruh Indonesia dengan jarak yang bisa dikatakan cukup berdekatan. Hal ini membuat masyarakat Indonesia selalu memilih mereka dalam kegiatan sehari-hari mereka karena jarak yang dekat dan fasilitas lengkap seperti membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan juga isi ulang saldo e-Wallet mereka.

Riset yang telah dilakukan membuktikan bahwa sekitar 30% dari aplikasi pembayaran elektronik yang diikutkan dalam riset menyediakan layanan top-up melalui Indomaret dan Alfamart, menyuguhkan medium yang lebih efisien dan hemat waktu bagi para penggunanya.

Situs-situs e-commerce merilis produk e-Wallet mereka sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2