Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Memahami Correlative Conjunctions (In English)

30 April 2019   12:25 Diperbarui: 30 April 2019   12:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Memahami Correlative Conjunctions (In English)
dokpri

Correlative Conjunctions atau kata sambung korelatif termasuk dalam kelompok pembentuk adverbial clauses atau klausa kata keterangan. Kata-kata yang termasuk di dalam grup ini antara lain both...and,  not only...but also,  either...or dan neither....nor.  Keempat kata sambung diatas dibaratkan sepasang sepatu atau sandal yang mempunyai kedudukan yang sama tinggi dan sama rasa. Jadi sudah pasangan setia artinya tidak boleh both....or atau either....nor dan  kata salah pasang  lainnya.

Both....and
Penggunaan kata sambung 'both...and' menekankan ada dua elemen dalam sebuah kalimat, elemen tersebut bisa dua subjek, dua kata kerja (verb), dua objek dan dua klausa (clause).

Bila menghubungkan dua subjek (jamak/plural) maka kata kerjanya juga musti plural.  Contoh seperti Leo likes ice cream dan Luis likes ice cream dimana Leo dan Luis menyukai ice cream dengan tulisan/ucapan sbb : Both Leo and Luis like ice cream.  Leo dan Luis dalam ini keduanya subjek. Hal lain kata kerja singularnya "likes" berubah menjadi "like" kata kerja plural (tanpa s).

Lalu bagaimana bila asal kalimatnya seperti ini : Adit likes drinking coffee dan Adit likes drinking milk? Dalam hal ini kedua objeknya berbeda sehingga dengan menggunakan kata sambung 'both...and' menjadi : Adit likes drinking both coffee and milk.  Disini kata kerjanya tidak berubah menjadi plural, karena subjeknya (Adit) hanya Adit seorang (tunggal/singular) jadi tetap "likes" (menggunakan s untuk subjek merupakan kata ganti (pronoun) orang ketiga tunggal). Perlu diinformasikan tenses yang digunakan dalam seluruh contoh-contoh dibawah ini adalah simple present tense.

Not only....but also
Penggunaan kata sambung ini untuk menekankan dua elemen sama seperti "both...and".  Coky studies English. Coky learns French also.  Maka  ketika digabungkan menjadi seperti ini : To prepare going abroad, Coky not only studies English but also learns French. (Untuk mempersiapkan pergi ke luar negeri, tidak hanya belajar Bahasa Inggris, Coky juga belajar bahasa Perancis).

Dari kalimat asli terlihat ada dua verb phrase yang yaitu "studies English" dan "learns French also", namun subjeknya (Coky) tetap sama sehingga kata kerja yang digunakan tetap berbentuk singular yaitu "studies' dan "learns'.

Lalu bagaimana bila menempatkan kata "not only" didepan subjeknya , maka kalimatnya menjadi "Not only does Coky study English, but also he learns French".  Perhatikan ada kata "does" sebelum subjek Coky dan kata kerja "studies" berubah menjadi "study". Hal ini terjadi karena dengan adanya helping verb (kata kerja bantu), does, kata kerja sesudahnya berubah menjadi kata kerja asli tanpa tambahan s atau es. Hal lain ada ada tambahan koma sebelum kata but also, dan juga kata kerja singular setelah he yaitu 'learns'. Kata he adalah kata ganti dari subjek , Coky.

Lalu bagaimana dengan contoh berikut ini  : Rudi must come to work on time. Rudi must finish his job before going home. Maka dengan menggunakan kata sambung "not only....but also", menjadi seperti ini :  Not only must Rudi come to work on time, but also he must finish his job before going home. 

Penggunaan "not only..but also" perlu kehati-hatian dalam penulisan kata kerjanya karena patokannya harus sesuai kondisi subjek terakhirnya baik tunggal atau jamak seperti contoh dibawah  ini:

1.Not only John but also his friends love swimming. (love plural setelah his friends plural juga).

2.Not only his friends but also John loves swimming. (loves singular setelah John yang juga singular).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x