Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Bicara ala ''Native Speaker''

15 Desember 2017   23:09 Diperbarui: 16 Desember 2017   14:59 6067
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: wikihow.com

Mereka yang belajar Bahasa Inggris pastilah ingin segera bisa cas cis cus dalam berbahasa Inggris terutama ketika berbicara dengan teman-teman atau sejawat yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional. Namun faktanya tidaklah mudah mencapai level kemampuan seperti itu karena sebelum berbicara kita wajib tahu minimal apa yang mereka bicarakan sehingga kemampuan mendengarkan yang sering disebut Listening Comprehension kita musti paham juga.

Permasalahannya ketika belajar tata bahasa (grammar) kita terbiasa dengan rumus-rumus yang sangat patuh pada aturan sehingga kita terkadang tidak ngeh bahwa dalam berkomunikasi dan ini juga berlaku dalam berbahasa Indonesia terlihat kurang dan tidak wajar bila kita menggunakan bahasa tulisan dengan bahasa bicara (ngobrol). Dalam berbicara kadang kita tidaklah menggunakan kalimat yang lengkap dan cukup dengan simbol atau kata-kata yang disingkat atau dikurangi tapi hasilnya yang bicara dan yang diajak bicara sama-sama mengerti dan terlihat natural.

Dalam Bahasa Inggris ada beberapa kata yang disingkat atau dikurangi sehingga ketika mendengarkan native speaker (orang asing yang bicara dalam bahasa Inggris sebagai bahasa aslinya) berbicara kita suka bingung dan kurang paham apa maksudnya seperti dalam sejumlah kata berikut ini: wanna, wantsta, gonna, gotta, hafta, hasta, coulda, shoulda, wouda, musta, lotsa, sorta dan kinda.

Gambar pribadi
Gambar pribadi

Kata "wanna" sebenarnya singkatan dari kata "want to", contohnya "I want to go to the mall" (Saya ingin pergi ke mal) cukup dikatakan I wanna go to the mall. "Wanna" di sini berlaku untuk subjek seperti I, we,they dan you, sedangkan dengan he, she dan it bukanlah wanna, tapi wantsta, jadi jangan sampai kebalik, nanti akan terdengar aneh. "She wants to have dinner at the canteen" menjadi She wantsta have dinner at the canteen.

Berikutnya "gonna"yang juga singkatan dari "going to" seperti kalimat "They are going to visit grandma" dan cukup diucapkan They're gonna to visit grandma. Native speaker tidak pernah/jarang mengucapkan "They are going to visit grandma", karena terdengar formal dan tidak wajar.

Kesalahan yang terjadi dengan gonna yang merupakan kombinasi kata kerja (to be) dan kata kerja (going to) sehingga lupa menambahkan kata padanan to be untuk masing-masing subjeknya.

Contoh mengucapkan "I gonna to tell you a story" ini tidak tepat seharusnya diucapkan " I'm gonna to tell you a story". Begitupun dengan "He gonna to ask you to have dinner together" seharusnya diucapkan "He is gonna to ask you to have dinner together".

Selanjutnya "gotta"yang berasal dari kata "have got to" (sebenarnya mereka (native speaker) juga tahu ini bentuk salah yang seharusnya "have gotten to"). Kalimat "I've got to accept the idea"(Saya dapat menerima ide itu) cukup diucapkan dengan I gotta to accept the idea.

Kata berikutnya "hafta" yang asli kata aslinya yaitu "have to" seperti dalam kalimat "I have to go to school early tomorrow" (Saya harus pergi ke sekolah lebih awal besok), akan diucapkan I hafta go to school early tomorrow. Bagaimana "hasta"? Ini berasal dari "has to" seperti dalam kalimat "He has to do the task immediately" (Dia harus mengerjakan tugas segera), diucapkan menjadi He hasta do the task immediately.

Kata-kata berikutnya seperti "coulda" dari "could have", "shoulda" dari "should have", "woulda" dari "would have" dan "mustda" dari "must have". Contoh-contoh dalam kalimatnya "I could have stayed there" ( I coulda stayed there); "I should have talked about it before" (I shoulda talked about it before) ; "I would have informed you earlier" (I woulda informed you earlier) dan "They must have done the task yesterday but they didn't" (They mustda done the task yesterday but they didn't it).

Tiga kata terakhir yaitu lotsa berasal dari kata lots of dan sorta dari sorts of seperti dalam kalimat "Lots of girls came to the bachelor's party last night (Banyak gadis datang pada pesta lajang tadi malam) bisa diucapkan lotsa girls came to the bachelor's party last night . "Sorts of documents are required for the registration" (Dokumen-dokumen seperti itu diperlukan dalam pendaftaran), akan diucapkan Sorta of documents are required for the registration

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun