Mohon tunggu...
I Nyoman  Tika
I Nyoman Tika Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

menulis sebagai pelayanan. Jurusan Kimia Undiksha, www.biokimiaedu.com, email: nyomanntika@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Anggur Jupiterku Berbuah

15 Mei 2024   23:42 Diperbarui: 16 Mei 2024   00:12 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bertanam anggur memang perlu ketekunan, dari sana kita akan mendapatkan ilmu tentang karakteristik tanaman itu, dan kalau sudah berhasil bisa memperoleh ilmu bisa ditularkan kepada orang lain. Tentu perlakuannya menggunakan teknik penelitian walaupun tidak saklek menggunakan langkah ilmiah, dasar-dasar metode ilmiah diperlukan agar bisa dihasilkan fakta /data yang konsisten dan kalau diulang hasilnya sama. Saya melakukannya sama istri untuk belajar bertanam anggur, atau istilahnya menjadi komunitas "pengangguran'

Dulu awal kuliah di Singaraja, saya pernah menanam anggur lokal, saat itu berhasil. Kebun 200 m2 milik tuan rumah kost saya  ditanamami dengan 25 pohon anggur hitam memang menghasilkan lumayan. Namun selanjutnya, kebun itu saya tinggal studi lanjut ke Bandung, kebun itu tak dipelihara, setelah itu diubah menjadi bangunan tempat tinggal bapak kost saya. 

Ingatan untuk  menanam anggur kembali menggebu,bermula saat musim covid 19. banyak waktu luang di rumah, mengajar lewat zoom, dan disela-sela  kosong saya  bersama istri mencoba mengisi waktu luang, dengan bertanam anggur, banyak memang menawarkan varian anggur import , Dari beberapa bibit yang saya coba yang menarik dan genjah adalah anggur Jupiter. Buahnya ranum dan manis dan tanpa biji. Dalam kesempatan ini saya ingin menuliskannya pengalaman saya menanam anggur jenis impor.

Dokpri
Dokpri

Di kebun belakang rumah, paling tidak ada 9 pohon tanaman anggur dari varietas Yupiter. Jenis ini sering berbuah dan sangat mudah memeliharanya, genjah, namun tentu tidak steril dari hama, hama yang paling sering muncul adal kerak buah, yang disebabkan kutu kebul. Kalau sudah coklat susah dihilangkan, dipastikan akan gagal panen.

Saya sebelumnya pernah gagal panen, harus dipotong saat masih muda agar tidak menyebar pada yang lain, dengan mencoba berbagai tipe fungisida dan insektisida memang disesuaikan dengan kondisi tempat dimana lingkungan itu berada.

Salah seorang teman mengatakan bahwa di lokasinya, cocoknya fungisida X, namun belum tentu sama dengan di lokasi saya. Disinilah kita perlu untuk penelitian kecil-kecilan kalau ingin mengembangkan lebih jauh.

Satu pohon karena umurnya baru 1,5 tahun, maka per pohon bisa menghasilkan 5-10 kg, dijual dengan harga Rp 100.000/Kg. Pangsa pasarnya biasanya anak-anak. Para Ibu-ibu yang pernah membeli pasti diminta oleh anak-anak mereka untuk kembali membeli kalau sudah panen. 

Dari sisi permintaan sangat menarik dan banyak, ada pesan, selalu ludes. Ke depan, bagi kaum muda memang harus berani mencoba bertanaman anggur import, khususnya dari varietas yupiter. tanaman anggur di youtube sangat banyak, tinggal anda anda membutuhkan kemauan untuk memulainya.

Jupiter termasuk jenis 'anggur meja(table grape). Perdagangan anggur meja di pasar internasional telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir, dengan produk segar di luar musim kini diperdagangkan dan dikonsumsi secara global. Intensifikasi perdagangan didorong oleh munculnya pedagang baru yang telah mengubah geografi ekonomi produksi anggur meja. Meningkatkan daya saing di pasar global merupakan tujuan utama bagi para pengusaha dan pembuat kebijakan. Namun, meskipun perdagangan anggur meja global telah menjadi sangat penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun