Mohon tunggu...
Inung Kurnia
Inung Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Gemar berbagi kebaikan melalui tulisan

Ibu dari Key dan Rindang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Musim PPDB SMA, Jurusan IPS Kini Jadi Favorit?

28 Juni 2022   17:53 Diperbarui: 29 Juni 2022   05:22 231 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Halaman website ppdb.jakarta.go.id untuk pengajuan akun PPDB Jakarta 2022 jenjang SMA dan SMK(KOMPAS.com/Zulfikar) 

Musim Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) selalu menyisakan kisah-kisah deg-deg-an para orang tua. 

Mereka yang tengah berjuang memperebutkan bangku kosong di sekolah idaman, harus ekstra waspada, memelototi pergerakan laman PPDB secara real time. Memastikan bahwa nama si anak aman dan berharap lolos di sekolah yang diinginkan.

Tidak adanya nilai Ujian Nasional memang membuat parameter PPDB setiap daerah menjadi berbeda. Ada yang berdasarkan nilai rata-rata rapor, ada juga yang berdasarkan jarak rumah secara full, pun ada juga yang menggelar ujian tertulis. Ditambah beberapa aturan khusus dari masing-masing sekolah, seperti tahfidz 5 juz, juara olimpiade, dan lainnya.

Saya masih ingat, lima tahun lalu saat si sulung ikut seleksi masuk SMAN di Jakarta. Waktu itu seleksi masih berdasarkan hasil Ujian Nasional. Karena itu seleksi yang digelar oleh dinas lebih mudah diikuti. Pun orang tua, jika nilai Ujian Nasional anaknya rendah, maka tidak akan mencoba mendaftar di sekolah negeri.

Saya juga masih ingat saat mengikuti laman PPDB secara real time, nilai-nilai yang tertera untuk jurusan IPA jauh lebih tinggi dibanding mereka yang mendaftar pada jurusan IPS. Artinya, IPA relatif masih menjadi favorit anak-anak.

Situasi tersebut tentu tak berbeda jauh dengan zaman dahulu. Jurusan IPA boleh dikatakan menjadi jurusan idaman siswa. 

Mereka yang masuk jurusan IPA sudah mendapatkan stempel anak pintar, siswa kelas wahid. Sedang anak-anak IPS, stempel yang melekat lebih kepada kelas sisa. Entahlah. Meski pada saat seleksi PTN, banyak siswa IPA yang bermanuver ke jurusan soshum.

Seiring waktu, ternyata peta per PPDB-an SMA sudah mulai berubah. Jurusan IPA tidak lagi menjadi jurusan favorit. Banyak siswa yang nilainya tinggi, terkenal pintar di sekolahnya, juara olimpiade, malah memilih jurusan IPS.

Hal itu diakui oleh Eta, warga Bantul, Yogyakarta. Tahun ini ia mendaftarkan anaknya masuk ke SMA Negeri di wilayah Bantul. 

Dengan nilai yang cukup bagus, bahkan boleh dikata si anak langganan juara saat di SMP, ternyata anaknya justru memilih IPS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan