Mohon tunggu...
Intan Nur Fauziah Saputri
Intan Nur Fauziah Saputri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - writer Indonesia, Pelajar, Penulis Beberapa Karya Tulis

perkenalkan saya Intan Nur Fauziah S. biasanya dipanggil Intan, Hobi saya membaca dan menulis. bagi saya menulis adalah hobi terbaik saya karena melalui tulisan ini saya bisa menyampaikan beberapa gagasan. pemilik akun bisa di ketahui melalui akun Instagram @intan_nfs salam literasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Presepsi dan Manfaat Gap Year

1 Januari 2023   21:50 Diperbarui: 1 Januari 2023   23:50 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap orang pasti pernah berkeinginan untuk mencapai tujuan terbesarnya, melalui pendidikan, mereka mampu memberikan kontribusi besar dalam setiap kehidupan. Pendidikan menjadi satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang harus diperhatikan. Kita tidak boleh gegabah menentukan "jalan" di dalam  dunia pendidikan karena, hal ini  akan sangat berhubungan dengan masa depan kita sendiri.

Banyak orang bahkan orang tua  rela mengorbankan apa saja demi mengejar  pendidikan setinggi-tingginya. Terlebih keinginan orang tua untuk anaknya  agar memiliki kehidupan yang lebih baik daripada dirinya. Mungkin memang sudah tak  asing lagi orang tua yang berjuang mati-matian demi menyekolahkan anaknya. Apalagi kasus yang pernah viral seorang anak tukang becak menjadi seorang mahasiswa.  Maka dari itu kita sebagai anak pastinya ingin sekali membanggakan kedua orang tua.

Masa-masa SMA seperti saya ini harus dituntut untuk melanjutkan pendidikan atau justru bekerja, oleh karena itu ada juga yang memilih untuk gap year demi mencari uang buat kuliah

Beberapa di antara mereka memilih untuk Gap Year. Singkatnya, gap year adalah istilah yang merujuk kepada waktu atau periode ketika seseorang mengambil waktu kosong untuk beristirahat atau melakukan hal lain seperti bekerja setelah lulus SMA, sebelum mereka masuk pada jenjang perkuliahan.

Kalian kalau disuruh milih antara kuliah atau Gap Year, itu terserah kalian. Karena yang menjalankan kehidupan adalah kalian. Intinya jangan sampai berpikiran bahwa pendidikan itu tidak penting, karena dengan adanya pendidikan kalian akan menjadi manusia dengan kualitas dan mutu yang baik. Apalagi bagi wanita diluar sana, pendidikan sangatlah penting. Kalau ibunya pandai anaknya pasti akan ikutan pandai.

Eitss.. kembali ke Gap year aku ada beberapa manfaat  mengenai Gap year.

  • Akan menambah wawasan yang lebih banyak, Karena dengan kalian Gap year sama saja kalian akan menemukan hal-hal banyak sebelum menjumpai dunia perkuliahan. Mulai dari mengembangkan bakat sebaik mungkin, mencoba berbagai organisasi ataupun lainnya.
  • Terhindar dari pilihan yang salah, dengan begitu anak yang Gap year dia akan benar-benar memikirkan pilihannya, dia akan mengambil jurusan apa, dia mau ngambil PTN atau PTS dimana dsb.
  • Mendidikmu menjadi individu yang lebih dewasa, Gap year juga bisa mendidikmu tentang memilih tujuan dan cara untuk mencapainya. Mulai dari berpegang pada komitmen yang telah kamu buat, menentukan prioritas, mengambil keputusan, dan apapun itu.
  • Menyiapkan segala kesiapan mulai dari uang, bagi mereka yang punya merencanakan Gap year guna mencari dana buat persiapan perkuliahan.
  • Dan yang terakhir adalah Mengembangkan skill dan passion baru, Kita juga bisa mencari skill atau kemampuan yang baru selama satu tahun tersebut kemudian mengembangkannya.

Udah dulu yaa.. semangat untuk kalian pengejar Masa depan. Apapun pilihan kalian pasti mana yang terbaik dan tidaknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun