Mohon tunggu...
Intan RianaPutri
Intan RianaPutri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Hallo! Saya adalah mahasiswi Universitas Teknologi Digital, dengan dibuatnya akun ini yaitu untuk memehuni tugas akhir semester saya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung barat

17 Mei 2024   17:40 Diperbarui: 17 Mei 2024   17:48 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Manajemen Sumber Daya Manusia 

            Menurut (Halisa, 2020) manajemen sumber daya manusia terdiri dari aktifitas-aktifitas yang meliputi fungsi perencanaan, perekrutan sumber daya manusia, analisis sumber daya manusia, kesetaraan kesempatan kerja, keuntungan dan kompensasi, kesehatan, keamanan dan keselamatan,serta hubungan tenaga kerja dan buruh. Lebih lanjut menurut (Amelia et al., 2022) manajemen sumber daya manusia juga berkaitan dengan desain dan implementasi sistem pencernaan, persiapan pegawai, pengembangan pegawai, manajemen karir, penilaian kinerja, kompensasi pegawai dan hubungan industrial yang baik.

      Menurut (Mubarok, 2021) manajemen sumber daya manusia adalah istilah yang digunakan ilmu manajemen dalam mengelola orang lain dalam sebuah lembaga tertentu. Sementara itu menurut (Putri et al., 2022) bahwa manajemen sumber daya manusia memiliki banyak peran penting dalam berdirinya sebuah perusahaan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

      Dari uraian diatas maka dapat diartikan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan bahwa manajemen sumber daya manusia melibatkan sejumlah aktivitas penting, seperti perencanaan, perekrutan, analisis, kompensasi, keselamatan, pengembangan, dan hubungan tenaga kerja. Ini merupakan aspek krusial dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi, dengan peran yang vital dalam kesuksesan perusahaan dan kesejahteraan pegawai.

Kinerja

Kinerja menurut (Silaen et al., 2021) adalah proses pengevaluasian kinerja, penyusunan rencana pengembangan, dan pengkomunikasian hasil proses tersebut kepada pegawai itu sendiri. Lebih lanjut menurut (Rivaldo, 2022) kinerja merupakan kinerja adalah proses tingkahlaku orang dalam melakukan pekerjaan yang menghasilkan sebuah pemikiran atau produk dalam mencapai tujuan yang dia kerjakan.


Menurut (Nursam, 2017) kinerja adalah kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang diharapkan. Sementara itu menurut (Rakhamlina, 2021) kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut, dengan kata lain kinerja adalah tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.

Dari penjelasan tersebut menjelaskan bahwa kinerja adalah dapat diartikan sebagai proses pengevaluasian, perencanaan pengembangan, dan komunikasi hasil evaluasi kepada pegawai. Selain itu, kinerja juga melibatkan tingkah laku individu dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, serta kesediaan seseorang atau kelompok untuk melakukan dan menyempurnakan kegiatan sesuai tanggung jawabnya dengan hasil yang diharapkan.

Kemudian penilaian prestasi kerja pegawai harus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat, sehingga kualitas kerja pegawai menjadi efektif dan efesien.

1. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai

Penilaian prestasi kerja pegawai dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja pegawai. Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh setiap pegawai pada satuan organisasi sesuai dengan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja.

  • Sasaran Kerja Pegawai

Sasaran kerja pegawai (SKP) adalah rencana kerja dan terget yang akan dicapai oleh seorang pegawai negeri sipil. SKP membuat kegiatan tugas jabatan dan terget yang harus dicapai dalam kurung waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur. Penilaian SKP sebagaimana meliputi aspek:

  • Kuantitas

Kuantitas kerja adalah seberapa lama seorang pegawai bekerja dalam satu harinya. Kuantitas kerja ini dapat dilihat dari kecepatan kerja setiap pegawai itu masing-masing (Mangkunegara 2013) Kuantitas kerja merupakan jumlah yang dihasilkan, dinyatakan dalam istilah seperti jumlah unit jumlah siklus, aktifitas yang diselesaikan pegawai dan jumlah aktifitas yang diselesaikan.

  • Kualitas

Pengertian kerja adalah hasil aktifitas yang dilakukan mendekati sempurna dalam akrti menyesuaikan beberapa cara yang ideal dari penampilan aktivitas ataupun memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan disuatu aktivitas kualitas kerja diukur dari persepsi pegawai terhadap kualitas pekerjaan yang dihasilkan serta kesempurnaan tugas terhadap keterampilan dan kemampuan pegawai. Menurut Marcana (2013) kualitas kerja adalah wujud perilaku atau kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan dan kebutuhan atau tujuan yang dicapai secara efektif dan efesien.

  • Waktu

Waktu adalah sebuah hal yang penting, waktu merupakan batasan dan menjadi pengukuran akan pekerjaan, usia, dan lain sebagainya dan waktu merupakan faktor penting dalam kinerja pegawai

  • Biaya

Definisi Biaya Menurut Firdaus dan Wasilah (Maharani, Lintang Rahayu 2016) mendefinisikan biaya sebagai pengeluaran-pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang atau jasa yang berguna untuk masa yang akan datang.

  • Perilaku Kerja

Perilaku kerja merupakan bagian yang berperan sangat penting dalam kehidupan berkerja dan merupakan tindakan dan sikap yang ditunjukan oleh orang-orang yang bekerja. Penilaian perilaku kerja meliputi 6 aspek yaitu :

  • Orientasi pelayanan

Orientasi pelayanan pada organisasi merupakan suatu kebijakan, prosedur, dan praktik organisasi yang mendukung, memelihara, dan memberi penghargaan pada perilaku pelayanan pegawai yang sempurna.

  • Integrasi

Pengertian integrasi menurut KBBI yang dimana integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh. Berbagai perbedaan yang ada bisa disatukan dengan sebuah integritas untuk mencapai sebuah tujuan.

  • Komitmen

Komitmen adalah kemampuan dan kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan, prioritas dan tujuan organisasi. Hal ini mencakup caracara mengembangkan tujuan atau memenuhi kebutuhan organisasi yang intinya mendahulukan misi organisasi dari pada kepentingan pribadi.

  • Disiplin

Disiplin merupakan suatu sikap/perilaku yang pasti diharapkan oleh setiap pendidik agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

  • Kerjasama

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga pemerintah dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

  • Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan kemampuan agar dapat mengatasi orang-orang sehingga mencapai hasil yang maksimal dengan kemungkinan gesekan adalah yang terkecil dan pembentukan kemungkinan terbesar dari kerjasama.

2. Konsep Kerja Pegawai

  • Pengalaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun