Mohon tunggu...
Intan Laili Zakiyah
Intan Laili Zakiyah Mohon Tunggu... Penulis

Investasi terbaik adalah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Virus Mutasi Corona Resahkan Jiwa, Raga, Harta, Tahta Dan Dunia

4 Januari 2021   21:40 Diperbarui: 4 Januari 2021   22:05 136 2 0 Mohon Tunggu...

Virus mutasi adalah perubahan materi genetik virus yang dapat mempengaruhi struktur atau cara kerja virus. Virus mutasi bisa terjadi saat virus sedang mereplikasi dirinya di dalam sel tubuh manusia. (www.alodokter.com)
Menginjak tahun 2021, pemberitaan virus mutasi corona menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat di seluruh dunia, termasuk negara kita, Indonesia.

Semenjak otoritas kesehatan Inggris mengumumkan adanya varian baru virus corona yang dipercaya mampu menyebar lebih cepat dari yang ada sebelumnya, hal tersebut mengindikasikan bahwa Virus mutasi memicu peningkatan yang tajam dalam penambahan pasien dalam kasus covid-19.

Strain virus corona yang berasal dari Inggris kini telah menyebar di beberapa negara, antara lain negara Denmark, Belanda, Italia, Australia, Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Di situasi saat ini pun negara Indonesia juga berpotensi akan penyebaran virus mutasi yang ditemukan di Inggris.

Virus mutasi corona memberi sinyal yang amat serius sehingga kita semua tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Upaya demi upaya akan pengendalian virus mutasi corona ini harus diberi perhatian yang amat khusus karena virus ini bermutasi dan menginfeksi banyak orang.

Meski begitu terselip kabar baik mengenai virus jenis baru ini yaitu tidak menyebabkan keparahan. Akan tetapi sangat mudah menginfeksi dengan tingkat mencapai tiga kali.
Kini dengan adanya virus mutasi corona yang semakin ganas menginfeksi banyak orang maka langkah 3M tidak lagi cukup. Maka perlu ditambah beberapa pedoman baru dalam mengahadapi virus corona yaitu membiasakan diri mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, membatasi interaksi secara langsung, menghindari kerumunan, dan mulai membiasakan interaksi sosial melalui daring untuk memangkas ganasnya virus corona.

Kini sudah berjalan sepuluh bulan virus corona memasuki negara Indonesia. Sudah banyak warga negara Indonesia yang sangat merindukan untuk dapat kembali beraktivitas kembali seperti sedia kala. Namun sebelum vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia, setiap masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada dalam menjalankan aktivitas sehari-hari karena virus corona tidak hanya meresahkan dalam hal jiwa dan raga namun juga mampu menggoyahkan harta dan tahta.

Karena keterbatasan keadaan akibat terdampak ganasnya virus corona telah banyak ditemukan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang merugi sehingga ribuan karyawan yang bergantung kehidupan dari penghasilan yang di dapat dari perusahaan pun ikut terombang -- ambing. Banyak UMKM yang harus gulung tikar. Serta banyaknya penjual yang mengalami penurunan dalam hal pendapatan akibat pandemi yang tak kunjung usai. Sehingga sektor perekonomian di Indonesia pun ikut tergoyahkan dan mengalami penurunan yang amat drastis.

Dan yang terakhir virus corona sangat meresahkan dunia karena banyak aktifitas yang terhalang oleh adanya virus corona yang teramat ganas karena virus tersebut tak kasad oleh pengelihatan. Banyak sekali aktifitas yang terganggu seperti mobilitas ekspor dan impor,  sektor pariwisata yang mengalami penurunan dalam hal pendapatan karena banyak ditutupnya tempat  pariwisata dalam rangka memutus penyebaran virus covid-19.

Selain itu sektor manufaktur berbagai merk produk fashion seperti pakaian, tas dan sepatu juga tak luput ikut mengalami kejatuhan. Sektor transportasi mulai dari transportasi darat, laut bahkan udara pun mendapat imbas akibat virus corona. Tidak dapat dipungkiri bahwa virus corona dan mutasi corona memang sangatlah meresahkan jiwa, raga, harta, tahta, dan dunia. Maka dari itu marilah kita bersumbangsih dalam memutus rantai penyebaran virus yang berbahaya ini dengan mematuhi protokol yang ada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x