Mohon tunggu...
Intan Friska Permatasari
Intan Friska Permatasari Mohon Tunggu... Universitas Jember. Fakultas Teknik. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Berisi tentang artikel dan paper serta critical review tentang pembiayaan pembangunan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal MSA: Multisektor Analisis

17 November 2019   13:40 Diperbarui: 17 November 2019   13:51 0 0 0 Mohon Tunggu...

Istilah teknik analisa MSA atau Multi Sektor Analisis merupakan teknil analisa yang jarang digunakan dikarenakan memerlukan berbagai macam pihak yang berpartisipasi pada analisis ini. Analisis MSA sendiri memiliki arti sebagai suatu teknik analisis kualitatif yang digunakan untuk mengukur tingkat kompetitif dari faktor -- faktor yang terkait pada suatu bidang. Maka, dengan pengertian tersebut, analisis ini juga berfungsi sebagai pelengkap bukti pendukung strategis pada perkembangan ekonomi pada suatu wilayah.

MSA atau Multi Sektor Analisis dirancang untuk membantu para pihak yang membutuhkan hasil dari analisis MSA ini untuk memberikan informasi berupa strategi pengembangan ekonomi. Tetapi, selain pada bidang perekonomian, MSA sendiri dapat dilakukan pada berbagai bidang yang memiliki tujuan utama guna mendapatkan informasi mengenai analisis perkembangan suatu bidang jika dilihat dari berbagai faktor -- faktor pembentuk perkembangan pada bidang tersebut.

Faktor -- faktor tersebut dirancang oleh tenaga ahli yang telah mengerti tentang permasalahan dan perkembangan pada bidang tersebut. Maka dari itu, peran para tenaga ahli sangatlah penting bagi penggunaan analisis MSA, dengan begitu, faktor inilah yang membuat analisis MSA sangatlah jarang digunakan dikarenakan sulitnya menemukan tenaga ahli yang berfungsi untuk merancang dan menilai analisis MSA tersebut.

VIDEO PILIHAN