Mohon tunggu...
Intake Al Arriyah
Intake Al Arriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi di Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswi di Prodi Manajemen angkatan 2020 Universitas Jenderal Soedirman

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Penggunaan Chatbot dan Manfaatnya untuk Bisnis

7 Oktober 2022   00:38 Diperbarui: 7 Oktober 2022   00:41 37 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi Chatbot. Sumber: www.freepik.com

Era digital sudah mulai merambah di berbagai aspek. Kita sudah terikat dengan digitalisasi terutama di bidang bisnis. Bidang bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar, sudah sangat terpampang jelas perkembangannya. Bahkan dalam Triwulan II 2022 pertumbuhan ekonomi Indonesia  sudah mencapai angka 5,44%.

Dalam era digitalisasi pada masa sekarang, bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Digitalisasi terhitung sangat membantu kelancaran informasi bahkan penjualan di dalam kacamata bisnis. Dikarenakan mulai bermunculannya aplikasi belanja online, pemasaran digital, bahkan kecerdasan buatan yang dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

Dengan mudahnya publik menyentuh sistem informasi pada masa sekarang, maka para pebisnis dapat melebarkan target pasar yang mereka inginkan. Sebagai pelaku bisnis, tentu saja kita perlu berinteraksi dengan pelanggan. Dengan bisnis online seperti ini, salah satu cara berinteraksi dengan pelanggan adalah melalui chat. Namun bukankah sangat rumit dan akan sangat memakan waktu bila kita harus membalas chat pelanggan satu persatu? Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan Chatbot.

Apa Itu Chatbot?

Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. Chatbot ini bersifat otomatis sehingga ketika kita mendapat chat atau pesan dari pelanggan, maka Chatbot akan menjawab secara langsung.

Manfaat Penggunaan Chatbot

Beberapa alasan mengapa bisnis perlu menggunakan Chatbot:

  • Efisiensi Waktu

Salah satu alasan utama mengapa bisnis perlu menggunakan Chatbot adalah efisiensi waktu. Chatbot akan membantu para konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang relevan dengan cepat. Apabila dilakukan secara manual maka akan sangat memakan waktu.

Alasan lain untuk menggunakan Chatbot adalah pentingnya kepuasan pelanggan. Pelanggan cenderung akan lebih puas apabila mendapat respons yang cepat. Dengan penggunaan Chatbot maka pelanggan akan mendapat informasi dengan cepat dan tentunya akan merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan.

  • Hemat dan Efektif

Apabila membalas chat dengan manual maka bisnis memerlukan tenaga tambahan. Namun dengan penggunaan Chatbot akan menghemat pengeluaran yang lebih besar untuk menggaji karyawan.

  • Meminimalkan Human Error

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan