Gantang Galih Gumilar
Gantang Galih Gumilar

Mulai membangkitkan hobi saya untuk menulis, Menulis tentang bisnis yang saya alami maupun yang teman saya alami, Sebagai referensi, kiranya bermanfaat bagi anda dan orang lain. Kadang saya meluapkan imajinasi saya ke Web Profil saya http://cucimobil.net Saya akan berusaha terus membangun karya yang bermanfaat. Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Lift Hidrolik, Solusi dalam Menangani Lahan Parkir Mobil yang Terbatas

5 Juli 2018   11:28 Diperbarui: 5 Juli 2018   11:31 3196 0 0
Lift Hidrolik, Solusi dalam Menangani Lahan Parkir Mobil yang Terbatas
www.autoreviewmobil.com

Teknologi saat ini, perkembangannya semakin pesat, dari perangkat lunak sampai perangkat keras juga mengalami kemajuan yang bisa bermanfaat bagi semua orang. Terutama, teknologi otomotif yang saat ini digandrung sebagai teknologi yang gak ada matinya. Seperti yang saat ini banyak digunakan di Negara-negara maju seperti Jepang, Korea dan Singapura mereka sudah mulai menggunakan alat ini sebagai alat yang canggih untuk menanggulangi masalah parkir. 

Iya parkir, teknologi modern saat ini untuk mengatasi lahan yang terbatas untuk parkir mobil. Lalu seperti apa alat itu ? Sistem seperti apa yang mereka pakai ? Amankah untuk digunakan ? Dari beberapa pertanyaan tadi, saya akan jelaskan lebih detail lagi di mulai dari Apa Itu Lift Hidrolik Parkir Mobil ?

Lift hidrolik parkir mobil merupakan, alat untuk parkir mobil dengan sistem hidrolik untuk mengangkat beban dengan kedua sisi dilengkapi dengan perangkat pengunci mekanik, serta dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi apakah ada kendaraan yang dibawah. Berikut gambar lift parkir hidrolik mobil.

Sumber gambar: ikame.co.id
Sumber gambar: ikame.co.id
Bagi anda yang merasa penasaran dengan sistem parkir hidrolik ini, silahkan dicoba karena sistem ini sudah teruji dengan baik dan bisa digunakan dan lebih aman. Mungkin di Negara-negara yang maju sistem ini sudah dipakai di semua tempat. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? 

Menurut sumber yang saya terima, Indonesia sendiri sistem parkir ini baru ada di kota besar Jakarta. Seperti yang ada di RSCM Kencana dan Kementerian PUPR Jakarta. Untuk sistem parkir mereka menggunakan sistem puzzle karena diperuntukan untuk parkir gedung, dimana sistem ini bongkar pasang seperti bermain puzzle.

Sumber gambar : Megapolitan.kompas.com
Sumber gambar : Megapolitan.kompas.com
Saat ini jumlah kendaraan di Indonesia khususnya Jakarta, sudah semakin menggila, bayangkan saja setiap hari pasti secara tidak sengaja kita menemui mobil yang parkir di sembarang tempat. Pastinya ini sangat mengganggu pengguna jalan. Tapi apa daya, karena sempitnya lahan parkir mau gak mau, tempat umum dijadikan lahan khusus parkir mobil. 

Ini sudah budaya, dan bahkan sudah kebiasaan, oleh sebabnya dengan adanya teknologi parkir ini, bisa mengatasi itu semua karena  selain bisa mengatasi ketersediaan lahan parkir yang terbatas tapi juga mampu parkir kendaraan dengan jumlah yang lebih banyak dan pastinya aman. Oleh sebabnya, sistem parkir hidrolik ini, bisa menjadi solusi bagi masyarakat khususnya warga perkotaan. Sistem parkir seperti ini, jelas memiliki kelebihan diantaranya :

  1. Lebih efisien karena tidak membutuhkan banyak lahan, Parkir mobil tidak terlalu ribet dan kelihatan lebih rapih serta modern.
  2. Sistem keamanan yang canggih, dilengkapi dengan sensor
  3. Ekonomis dan ramah lingkungan

Untuk di Indonesia sendiri ini merupakan terobosan yang sangat cerdas, dan bisa memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. Sehingga tidak muncul lagi masalah kekurangan untuk lahan parkir atau parkir liar, seperti contoh kasus yang sering kita lihat ketika terjadi razia parkir pada video berikut :


Sekarang anda sudah mengerti kan, apa itu lift parkir mobil dan memiliki manfaat yang positif. Untuk hidrolik parkir ini ada banyak type yang digunakan. Saya akan sebutkan macam-macam hidrolik parkir mobil yang umum dipakai oleh pribadi maupun instansi-instansi tertentu.

  • Hidrolik Lift Parkir Mobil 2 Tiang
  • Hidrolik Lift Parkir Mobil 4 Tiang
  • Hidrolik Lift Parkir Mobil Tipe "Sliding"
  • Hidrolik Lift Parkir Mobil Tipe "Tilt"

Dengan sistem hidrolik parkir seperti ini, anda bisa memaksimalkan lahan untuk menampung lebih banyak kendaraan yang diparkir. Walaupun untuk diawal kita perlu investasi yang gak sedikit, tapi untuk kedepannya memiliki dampak yang baik untuk jangka panjang. Yang jelas, Sistem parkir hidrolik ini, lebih efektif dan efisien.

Demikian, pembahasan tentang lift parkir hidrolik mobil. Semoga anda bisa mendapat inspirasi yang positif dan menyikapi dengan bijak untuk solusi yang baik.