Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Edukasi.

Kami mendukung taman baca di Soa NTT dan Boyolali. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. Untuk donasi naskah, buku, dan dana silakan hubungi: donasibukuina@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Selain Waisak, 3 Hari Raya Agama Buddha Ini Perlu Kita Ketahui

18 Mei 2022   16:40 Diperbarui: 18 Mei 2022   16:42 139 30 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selain Waisak, ada 3 hari raya agama Buddha yang perlu kita ketahui - ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Seluruh umat Buddha merayakan Tri Suci Waisak 2566 BE pada tanggal 16 Mei 2022. Siapa pun tahu jika Waisak adalah hari suci agama Buddha. 

Makna Waisak

Makna Waisak adalah memperingati tiga hal penting bagi umat Buddha, yaitu: Kelahiran Pangeran Siddharta Gautama, Penerangan Agung Pertapa Gautama, dan Kematian (Parinibanna) Buddha Gautama.

Semuanya terjadi di Bulan Purnama Sidhi. Sementara nama Waisak sendiri berasal dari bahasa Sansekerta Vesakha, yakni nama bulan dalam penanggalan India Kuno.

Namun, tahukah Anda bahwa Waisak bukan satu-satunya hari raya agama Buddha? Masih ada tiga lagi. Di Indonesia, Umat Buddha tidak merayakannya secara besar-besaran. Tapi, di negara dengan mayoritas agama Buddha, ketiga hari besar ini juga tidak kalah penting. Apa saja tiga hari raya agama Buddha selain Waisak?

1. Kathina

Setiap tahun ada masa Vassa yang harus dijalani oleh para Bhikkhu Sangha. Lamanya 3 bulan, dan biasanya berlangsung dari Juli hingga Oktober.

Selama masa tersebut, para Bhikkhu akan menetap di sebuah Vihara dan tidak melakukan perjalanan jauh yang lama. Tujuannya untuk melakukan proses penyunyian, melatih diri, dan berefleksi.

Setelah masa Vassa selesai, maka masa Kathina pun dimulai. Perayaan Kathina adalah waktu bagi para umat awam Buddha untuk menunjukkan rasa syukur mereka. Mereka akan datang berbondong-bondong ke Vihara dan mempersembahkan jubah kepada para Bhikkhu Sangha.

PM Thailand Abhisit mempersembahkan jubah Kathina pada bhikkhu pada tahun 2010 - Thai Gov/domain publik 
PM Thailand Abhisit mempersembahkan jubah Kathina pada bhikkhu pada tahun 2010 - Thai Gov/domain publik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan