Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kiat Tingkatkan Minat Anak Makan Sayur dengan Menanam Tiga Sayuran Bergizi Ini

22 Juni 2021   07:14 Diperbarui: 22 Juni 2021   07:27 190 22 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Tingkatkan Minat Anak Makan Sayur dengan Menanam Tiga Sayuran Bergizi Ini
Kiat tingkatkan minat anak makan sayur dengan menanam tiga sayuran bergizi | Photo by Anna Earl on Unsplash

Sayuran itu penting bagi kesehatan. Sejak kecil ini sudah ditanamkan oleh orang tua dan guru di sekolah. Meski kenyataannya perlu perjuangan sendiri untuk bisa membiasakan anak-anak makan sayur secara rutin dan teratur.

Ini ada sebuah ide menarik dari saya untuk coba diterapkan oleh orang tua di rumah maupun guru di sekolah. Membuat kebun sayur sederhana di halaman. Mungkin cara ini akan meningkatkan minat anak-anak untuk makan sayur.

Alasan saya mengemukakan pendapat di atas adalah adanya kegiatan menyenangkan sebelum bisa menyantap sayur. Ada nilai lebih tersendiri yang didapat dan dirasakan anak-anak jika menikmati sayur dari kebun di rumah.

Anak-anak diajak mengamati proses pertumbuhan tanaman sayur. Mereka tahu bahwa sayur yang dihidangkan di meja makan bukan hal yang sederhana namun sangat istimewa. Ada proses menanam benih sayuran, merawat agar tetap segar, hingga memanen untuk menjadi bahan pangan di dapur.

Mereka juga belajar menghargai kerja keras berkebun sayur untuk dapat menikmati sayuran segar. Selain itu sayuran segar dari kebun rumah biasanya lebih sehat.

Anak-anak bisa bosan jika menunggu waktu pertumbuhan dan panen yang terlalu lama. Beberapa jenis sayur yang mudah tumbuh dan perawatannya tidak rumit akan saya sebutkan berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Tomat

Menanam tomat di rumah | dokpri Aby
Menanam tomat di rumah | dokpri Aby

Tomat mudah ditanam dan cepat tumbuh. Pastikan mendapatkan benih tomat yang baik agar tanaman yang dihasilkan tumbuh segar dan sehat.

Tomat kaya akan vitamin C. Ini bisa pula dijelaskan pada anak. Bahwa mengonsumsi tomat sangat pentinh bagi kesehatan anak.

2. Kangkung

Kangkung juga jenis sayuran yang mudah tumbuh. Menanam kangkung bisa dilakukan langsung di dalam pot atau polybag. Mengamati pertumbuhan biji kangkung itu menyenangkan.

Daun yang masih muda dalam awal pertumbuhan kangkung berbeda dengan kangkung dewasa yang layak panen. Jika anak-anak mengamatinya, pasti akan terheran-heran.

Dalam 100 gr kangkung, terdapat 5,4 gr karbohidrat; 2,5 mg zat besi; 3 gr protein; 50 mg fosfor; 70 g kalsium; 6.300 IU vitamin A; 0,07 mg vitamin B; 32 mg vitamin C; dan 1 gr serat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x