Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Ini 5 Cara Membuat Lead atau Bagian Awal Tulisan yang Menarik

17 Mei 2021   10:14 Diperbarui: 17 Mei 2021   15:47 772 54 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 5 Cara Membuat Lead atau Bagian Awal Tulisan yang Menarik
Ilustrasi membuat artikel.| Sumber: KOMPAS.com/OIK YUSUF

"Memulai dengan baik adalah separuh keberhasilan"

Pernahkah Anda tertarik membaca sebuah cerpen hanya setelah membaca kalimat awalnya? Sebaliknya, pernahkah Anda segera mengalihkan pandangan ketika membaca sebuah berita yang bagian awalnya membosankan?

Tak dapat disangkal, bagian awal tulisan atau lead adalah kunci dalam sebuah tulisan fiksi maupun bukan. Lead yang menarik akan mengundang pembaca untuk melirik tulisan kita. 

Pertanyaannya: bagaimana caranya menulis lead artikel (berita dan nonberita) yang efektif? Inilah lima (5) cara membuat bagian awal tulisan atau lead yang menarik. 

Pertama, awali dengan kutipan (quotes)

Mengawali dengan kutipan yang relevan dengan tulisan akan membuat karya kita mengundang perhatian pembaca. Kutipan bisa berupa: kata mutiara, pemikiran tokoh tertentu, kalimat dalam karya sastra ternama, ayat kitab-kitab suci, atau pemikiran kita sendiri. 

Kutipan bisa kita cari juga di internet. Cukup ketik, misalnya: quotes about education atau kutipan peribahasa tentang ketekunan, perjodohan, dsb. 

Kita juga bisa mencatat kutipan menarik yang kita temukan di buku atau dokumen khusus di gawai kita. Suatu saat ketika kita memerlukan, kita tinggal membuka dan mencari kutipan atau quotes yang sesuai. 

Kedua, awali dengan pertanyaan

Judul dan lead artikel yang berupa pertanyaan akan menarik perhatian pembaca. Alih-alih "cara meluluhkan hati mertua", gunakan pertanyaan "Sudah tahu cara meluluhkan hati mertua?".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN