Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Potret Enam Bulan Inspirasiana, Salah Satu Komunitas Penulis di Kompasiana

8 April 2021   10:14 Diperbarui: 28 April 2021   14:47 209 30 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potret Enam Bulan Inspirasiana, Salah Satu Komunitas Penulis di Kompasiana
Aneka komunitas di Kompasiana tahun 2020 - Dok Kompasiana

Kompasiana adalah rumah bagi banyak jurnalis warga dari segala kalangan. Blog yang awalnya hanya beranggotakan wartawan Kompas ini kini telah menjelma menjadi salah satu blog user generated content utama di Indonesia.

Aneka komunitas para penulis Kompasiana

Sebagian dari para penulis di Kompasiana bergabung dengan aneka komunitas kompasianer (sebutan bagi warga Kompasiana). Komunitas-komunitas  ini umumnya dipersatukan oleh kesamaan tertentu, mulai dari kedekatan domisili hingga kesamaan minat.

Ada beberapa nama yang melintas di benak. Maaf ya jika tidak lengkap. Kompasianer Palembang (Kompal), Komed Medan, Kompasianer Brebes (Kombes), K-Jog (Jogja), Komalku Raya (Malang Raya), Ketapels (Tangerang Selatan Plus), Semarkutiga (Semarang dsk) Kombatan  (Banua Kalimantan Selatan), Kompasianer Kupang NTT, KOTEKA, KOMiK, Vlomaya, KPK (kuliner), Rumpies The Club, KPB (Komunitas Penulis Berbalas), Click, Fiksiana, Ladiesiana, dan Inspirasiana. Masih ada banyak lagi.

Potret Inspirasiana setelah enam bulan berkiprah

tangyar statistik Inspirasiana - dokpri
tangyar statistik Inspirasiana - dokpri
"Statistik. Membicarakan statistik, apa yang terbayang oleh sahabat pembaca Kompasiana? Yuup deretan angka-angka. Statistik juga dapat digunakan sebagai alat potret. Mari simak keragaan akun Inspirasiana jelang 6 bulan berkiprah"

Akun Inspirasiana mengidentifikasikan diri sebagai komunitas Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi. Digawangi oleh beberapa admin dengan puluhan ragam anggota yang memiliki julukan keren "Inspirasiana Squad".

Keunikan akun Inspirasiana, kebanyakan artikel dianggit oleh anggota. Dikirimkan kepada admin untuk dikurasi seperlunya kemudian ditata waktu unggahnya dengan aneka pertimbangan. Ketepatan momen dan isi ataupun permintaan pengirimnya.

Nah ini dia statistik akun Kompasiana yang memulai debut artikel perdana bertiti mangsa 18  Oktober 2020. Hari ini 7 April siap dengan pangkat penjelajah. Ada 4 keragaan yang hendak disorot. [Data didasarkan pada tangkapan layar statistik akun Inspirasiana, 7 April 2021, pk 09.48]

Keragaan produktivitas

Produktivitas ukuran awal kinerja akun Inspirasiana. Saat ini jumlah produk mencapai 197 artikel. Pendekatan produktivitas melalui jumlah artikel selama masa kiprah. Hingga hari ini jelang 6 bulan dengan 197 artikel. Menunjukkan produktivitas >1 artikel per hari. Tiada hari tanpa artikel.

  • Dengan keunikan anggota sebagai kontributor artikel, peran admin dan pamomong sangat apik. Pamomong dan admin senantiasa merangkul anggota. Membuat setiap anggota sebagai bagian dari komunitas. Layaknya dirigen pada paduan suara beliau menata harmoni. Itulah kiprah para admin.
  • Menjaga produktivitas adalah seni pengelolaan. Apabila separuh anggota berkontribusi 1 artikel perbulan, tidak sulit akun ini menjaga produktivitasnya. Belum lagi anggota yang secara lumintu mengagihkan artikelnya melalui rumah bersama ini. Eits usah menjadi beban rasa bagi anggota ya, utamanya mari kita berproses bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x