Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mau Buat Apa pada Bulan Maria?

1 Mei 2021   11:33 Diperbarui: 2 Mei 2021   13:26 1208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mari daraskan cinta dan kesetiaannya sebagai ibu dan murid perempuan.

Sebutan bulan bulanan sebenarnya dipakai dalam banyak konteks di Indonesia. Konteks keagamaan memang paling sering terdengar seperti bulan puasa, bulan Ramadan, tapi juga bulan Maria dan mungkin masih ada bulan lainnya. 

Penamaan bulan itu tentu karena ada ciri khasnya, yang umumnya sudah banyak diketahui orang. Namun ketika bulan khusus itu dibuka untuk ditulis, terlihat ada begitu banyak kekayaan maknanya. 

Hal yang mengejutkan bahwa di Kompasiana, hal seperti itu diterima. Penulis diberikan kesempatan terbuka untuk menulis apa saja termasuk dalam kaitan dengan tema-tema keagamaan. 

Saya bangga dengan cara seperti itu, kita sebagai penulis perlu tetap menjadi bebas dalam menulis apa saja, tentu dengan etika dan rasa hormat yang tulus dari hati. 

Nah, hal itulah yang memotivasi saya mengapa saya menulis tentang tema "Bulan Maria."  Maria atau Mariam dikenal dalam literatur umum keagamaan. 

Meskipun demikian pada kesempatan ini, ulasan saya fokus pada apa yang perlu pada bulan Maria dalam konteks keimanan orang Kristen Katolik, tetapi lebih dalam hubungan dengan Maria sebagai seorang perempuan yang terlibat dalam peristiwa Yesus. 

Mau buat apa dengan penamaan bulan Maria? 

Ada 2 hal penting yang bisa direnungkan terkait bulan Maria:

1. Latihan komitmen iman

Tidak ada hal yang berat dan istimewa, bahkan tidak ada yang begitu dirahasiakan, selain hal sederhana bahwa orang-orang Katolik pada bulan Maria itu lebih intensif berdoa Rosario

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun