Mohon tunggu...
innaistantina
innaistantina Mohon Tunggu... Content Creator

Enjoying blogging, video editing, & taking a quick shot photography

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Selamat Datang di Republik Prank

19 September 2019   09:25 Diperbarui: 19 September 2019   09:45 66 2 1 Mohon Tunggu...

Oh jadi, heboh video ibu-ibu rebutan rendang itu semacam prank? Ternyata iklan salah satu produk? 

Kalau kita ingat acara televisi "Spontan, Uhuy!", ini bisa disebut sebagai salah satu acara dengan konsep prank yang cukup berhasil memikat minat banyak orang. 

Saat saya tonton dan ada beberapa adegan 'ngaget-ngagetin' orang, kadang saya berpikir, gimana ya kalau yang dikagetin ternyata punya riwayat penyakit tertentu? 

Meski so far, banyak juga konten di acara jadul yang dipandu komedian terkenal, Komeng ini membuat penonton tertawa terbahak-bahak karena ide kreatif cerdik nan menarik.

Sayangnya, di era media online makin marak, konten prank yang bermunculan pun makin meresahkan sebagian orang tua. Kok sebagian? Ya nyatanya, beberapa channel youtube yang mengklaim berniche Kids & Family, dengan bangganya mereguk view tinggi melalui konten prank ke anggota keluarga mereka sendiri.

Prank sepertinya sudah jadi konsumsi masyarakat kita di era serba online saat ini. Dari mulai yang sekedar iseng sampai pada taraf membahayakan si pelaku atau korban prank hingga orang-orang yang ada di sekitar kejadian prank berlangsung. 

Sampai-sampai prank juga menjadi garapan para pengiklan untuk menarik perhatian. Is it a great idea? Ya, secara konsep marketing dan promosi, bisa dibilang keren dan kreatif. Tapi secara etika bagaimana?

"Ah, etika? Lupakan saja! Yang penting bombastis dan bikin orang penasaran!". Nah, pemikiran begini nih, yang membuat konten prank makin liar. Terus tanggung jawab siapa dong biar bisa terkendali? 

Buat saya pribadi, alih-alih saya heboh nunjuk sana-sini, sebagai seorang content creator sekaligus orang tua, maka tanggung jawab itu ada di diri saya sendiri. 

Selama ini setiap menyajikan konten di family youtube channel yang saya bangun, memang lebih banyak merekam aktivitas saat travelling, wisata kuliner serta keseruan anak-anak berkarya sesuai minat bakat mereka. 

Satu hal yang saya haramkan sebagai konten dalam channel saya, adalah prank. Ya, mau model apapun, meski itu adalah konten yang bisa menarik ratusan ribu hingga jutaan view. Bukankah tanggung jawab content creator adalah menginspirasi dan mengedukasi hal-hal baik dan bermanfaat? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x