Finansial

Awas Salah Pilih! Tips Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

10 Juli 2018   11:04 Diperbarui: 10 Juli 2018   11:29 339 4 3
Awas Salah Pilih! Tips Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
wellnessworkshub.com

Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi banyak orang. Menjaga kualitas kesehatan sama dengan menjaga kualitas hidup. Dengan hidup sehat, banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup. Untuk itu pentingnya menjaga kesehatan sudah bukan kebutuhan tersier lagi. Melainkan masuk pada kebutuhan primer.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan guna meningkatkan kualitas hidup. Menjaga pola makan sehat, gaya hidup sehat, serta menjaga kualitas istirahat adalah salah satunya. Namun apajadinya jika penyakit tetap datang?

Dizaman yang serba cepat dan praktis ini, ada baiknya segala sesuatu sudah ada yang jamin. Termasuk kesehatan. Jaminan kesehatan yang ada saat ini tidaklah sulit untuk dicari. Kini sudah banyak sekali asuransi kesehatan yang menawarkan jasa untuk menjamin kesehatan anda. Namun, taukah anda bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang baik bagi anda?

Apa yang harus anda lakukan jika baru mulai ingin membeli polis asuransi kesehatan, namun belum tau apa yang harus anda lakukan? Manakah asuransi terbaik yang sekiranya bisa membantu menjamin kesehatan Anda agar kualitas hidup terjaga? Berikut beberapa cara yang baiknya anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan:

1. Mempelajari Produk dan Manfaat yang Ditawarkan

Setiap orang memang memiliki kebutuhannya masing-masing dalam hal kesehatan. Itu berarti tidak setiap kebutuhan kesehatan tidak dapat disamakan. Untuk itu, penting untuk mengetahui produk yang ditawarkan oleh suatu asuransi kesehatan. Tidak hanya mengetahui produk yang ditawarkan, penting pula untuk mengetahui manfaat dari produk tersebut. 

Apakah memiliki banyak manfaat jika digunakan? atau hanya akan menguras isi kantong? memahami secara detail produk dan manfaat asuransi kesehatan yang akan dibeli juga merupakan salah satu cara agar mudah melakukan klaim. Ini juga terkait dengan kebutuhan kesehatan masing-masing. Jikalau dirasa kurang, Anda bisa meminta untuk ditambahkan beberapa poin sesuai dengan kebutuhan.

2. Mempelajai Proses Klaim

www.istockphoto.com
www.istockphoto.com
Mempelajari proses klaim sama pentingnya dengan mempelajari produk yang akan dibeli. Tidak mau kan beli produk asuransi kesehatan yang terlampau murah, namun memiliki proses klaim yang berbelit-belit. Untuk itu, pastikan kemudahan proses klaim menjadi prioritas Anda.

Ada cara mudah yang bisa anda lakukan untuk melihat apakah proses klaim dari suatu asuransi mudah atau berbelit-belit. Yaitu dengan melihat review di Internet. Disana kita bisa melihat bagaimana tanggapan khalayak tentang proses klaim. Namun, jangan mudah termakan perkataan orang ya. Cermat dalam membaca adalah salah satu kunci. Anda bisa melihat apakah komplain yang ada dikarenakan rumitnya proses klaim, atau hanya keluh kesah yang memprofokasi.

3. Bandingkan dengan Asuransi Kesehatan Lain

www.dreamstime.com
www.dreamstime.com
Fase ini penting untuk dilakukan. Tujuannya, agar anda dapat memilih yang terbaik untuk kesehatan Anda. Bila dirasa sudah menemukan satu asuransi yang tepat, saya sarankan tidak berhenti sampai anda mempelajari beberapa asuransi. Karena barangkali, setelah anda pelajari, pengetahuan tentang Asuransi jadi bertambah dan tau mana yang paling baik untuk Anda dan keluarga. Karena yang terbaik adalah yang pantas untuk dipilih.

4. Pelajari Daftar Rumah Sakit yang Bekerja sama dengan Asuransi Tersebut

www.videoblocks.com
www.videoblocks.com
Hal tersebut penting untuk dipelajari guna mempermudah ketika terjadi sesuatu dengan Anda atau keluarga. Jangan sampai tidak ada rumah sakit terdekat dengan domisili atau tempat anda bekerja. Karena hal tersebut akan menyulitkan.

Meminta rekomendasi Asuransi Kesehatan dari rumah sakit favorit anda juga salah satu cara yang bisa anda lakukan, loh. karena hal terebut dapat membuat anda lebih mudah mengetahui tingkat kepercayaan rumah sakit terhadap Asuransi tersebut.