Mohon tunggu...
Ingrid Widya
Ingrid Widya Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Darussalam Gontor

Indonesian

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Xing-Kong

28 Februari 2021   17:46 Diperbarui: 28 Februari 2021   18:07 62 3 0 Mohon Tunggu...

Singkong mengandung vitamin B17 atau dikenal dengan nama Amygdaline. Amygdaline adalah senyawa berbentuk glikosida yang sering diekstraksi menjadi senyawa laetrile untuk kebutuhan obat penyakit kanker.

Singkong juga mengandung vitamin C yang berguna untuk melindungi sistem imunitas tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, bahkan juga bisa menjadi solusi untuk kerutan kulit di kulit Anda.

Tidak hanya itu, singkong juga mengandung betakaroten. Betakaroten memiliki manfaat untuk mengurangi gejala asma, mencegah beberapa jenis kanker, penyakit jantung, katarak, dan degenerasi makula yang diakibatkan faktor usia.

Kandungan di dalam singkong juga membantu untuk mengatasi kelelahan pada tubuh manusia, karena singkong mengandung karbohidrat yang akan dipecah menjadi glukosa.

Glukosa tersebut akan bekerja sebagai sumber energi bagi sel tubuh, kemudian mengkonversi menjadi glikogen dalam otot sebagai reservasi energi. Sehingga dengan mengkonsumsi singkong, tubuh tidak akan mudah lelah dalam menjalani kegiatan yang padat.Selain itu, singkong juga mengandung kalium yang bekerja mengatur denyut jantung melalui sel dan cairan tubuh. Selain itu, mengonsumsi singkong juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik. 

Berikut adalah resep makanan rumahan yang simpel dan bisa anda coba di rumah;

  1. Kroket biasanya terbuat dari kentang, tetapi bagaimana rasanya jika bahan dasarnya diganti dengan singkong? Anda akan merasakan sensasi rasa kroket yang berbeda.
  2. Untuk dapat menikmatinya, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bahan-bahannya, antara lain 2 lonjor singkong ukuran sedang, 2 siung bawang putih halus, 1 batang seledri, iris halus, 100 ml susu segar, garam dan lada secukupnya, 1 butir telur, dan minyak goreng secukupnya.
  3. Cara membuat kue kroket singkong, pertama rebus singkong sampai empuk, jangan lupa tambahkan sedikit garam. Setelah singkong lembut, tiriskan kemudian haluskan dengan bawang putih, garam, lada, dan susu.
    Setelah adonan tercampur dengan rata, bentuk adonan menjadi bentuk bulat pipih, kemudian celupkan ke adonan telur. Goreng ke dalam minyak panas sampai warna berubah coklat keemasan. Setelah matang, tiriskan dan kue kroket singkong siap untuk dihidangkan.  
  4. singkong keju Singkong memberikan kesan makanan orang desa dan keju memberikan kesan makanan orang kota, bagaimana jika Singkong dan keju dipadukan dalam sebuah menu, tentunya akan melahirkan cita rasa baru yang sangat menarik untuk dicicipi.Untuk membuat singkong keju, bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 1 kg singkong, keju parut dan minyak goreng. Kemudian untuk bumbu halus yang harus disiapkan adalah 5 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 sdt kaldu ayam bubuk, 1 sdm garam secukupnya, 1 sdt baking powder dan 700 ml air es.

Langkah pertama untuk membuat menu singkong keju adalah kukus singkong yang telah dibersihkan dan dipotong selama 20 menit. Semua bumbu dihaluskan dan dicampurkan ke dalam air es. Kemudian rendam singkong yang masih panas.

Rendam selama 30 menit sampai terlihat mekar, kemudian tiriskan. Langkah terakhir adalah goreng singkong di dalam minyak panas hingga merekah. Taburkan parutan keju pada singkong yang telah matang. Menu unik perpaduan cita rasa desa dan kota telah siap untuk dicicipi.

  • Lava Cake adalah kue bolu yang populer saat ini. Isinya yang meleleh begitu memikat para pemburu kuliner.  dibuat dengan bahan dasar singkong? Penasaran dengan rasanya?

Terlebih dahulu, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dasarnya seperti 1 batang butter, 2 ons cokelat bittersweet, 50 gram gula bubuk, 2 butir telur utuh, 3 butir kuning telur, 1 sdt vanila, 120 gram tepung singkong dan setengah sendok teh garam.

Untuk proses pembuatannya, langkah pertama adalah lelehkan butter dan cokelat bittersweet ke dalam satu wadah di dalam microwave. Kemudian keluarkan dan aduk hingga rata. Masukkan telur dan kuning telur kemudian aduk rata, masukkan juga singkong, vanila dan garam.

Aduk rata hingga semua adonan tercampur dengan rata. Setelah itu, tuangkan adonan kedalam cetakan kue. Kemudian panggang chocolate lava cake di dalam oven selama 13 menit. Setelah dikeluarkan dari oven, diamkan dahulu selama 1 menit sebelum kemudian dikeluarkan dari cetakan dengan posisi terbalik. Lava cake singkong telah siap dinikmati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x