Mohon tunggu...
Lintas.app
Lintas.app Mohon Tunggu... Lainnya - Marketplace Logistik

Jembatan Logistik Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Cari Muatan Rutin? Sistem Truk Balik ala Lintas Solusinya!

2 Desember 2021   17:22 Diperbarui: 3 Desember 2021   13:07 175 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cari muatan rutin (Unsplash)

Cari muatan rutin - Hambatan terbesar yang harus dihadapi oleh sopir truk logistik berukuran besar atau kecil adalah sulitnya mencari muatan rutin. Apalagi mencarinya dengan menggunakan cara konvensional. Menyebarnya sumber informasi soal muatan rutin, tetap saja tidak ada jaminan pasti yang bisa meyakinkan para sopir untuk mendapat muatan rutin. 

Apa Itu Truk Balik ?

Truk balik biasanya dicari oleh masyarakat sekitar untuk menitipkan barangnya agar dikirimkan. Biasanya truk balik mengirim barang membawa hasil bumi misalnya pertanian dan hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan lain-lain. Tujuan sopir membawa muatan rutin adalah mendapatkan tambahan pendapatan saat pulang. 

Bila bergabung dengan Lintas, informasi muatan rutin bisa dilakukan, satu hal yang paling penting bagi supir truk yakni mendapat permintaan pengiriman barang yang terus bertumbuh, mendapatkan pembayaran tercepat serta memiliki sistem terjadwal.

Masalah Dalam Proses Mencari Muatan Rutin

Mencari pengirim atau shipper dengan barang yang tepat pada waktu yang tepat sangatlah sulit. Oleh sebab itulah, penting bagi supir truk untuk menemukan muatan melalui berbagai sumber informasi seperti melalui relasi, komunitas online di media sosial seperti Facebook Twitter dan WhatsApp. Berikut ini beberapa masalah yang ditemui supir truk dalam mencari muatan rutin setiap hari.

1. Kesulitan Mendapat Informasi Soal Muatan

Masalah yang paling umum dialami oleh supir truk adalah terbatasnya informasi soal muatan dari pengirim. Bila masih menggunakan cara konvensional, biasanya supir truk berkumpul di daerah kerumunan untuk menawarkan jasanya seperti di pasar, pusat perbelanjaan pelabuhan atau gudang dan perusahaan. 

Mencari muatan rutin tanpa aplikasi, belum bisa menjamin mereka akan mendapat muatan. Oleh karena itulah, informasi mengenai muatan rutin sangat sulit didapat, sehingga membuat daftar truk kosong menjadi semakin banyak karena kebutuhan pengirim tidak bisa diketahui secara pasti. 

2. Sangat Rentan dengan Penipuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan