Mohon tunggu...
Muhammad Fadli Fauzan
Muhammad Fadli Fauzan Mohon Tunggu... Lainnya - Fisikawan Muda dan Penggemar Motorsport

young physicist with disability, not too good in physical activity, but not too bad in physical science | into motorsport

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Ketok Palu! Sirkuit Baru F1 Sekarang Hadir di Kota Madrid

23 Januari 2024   20:22 Diperbarui: 23 Januari 2024   20:30 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyelenggaraan F1 di Madrid 2026 (formula1.com)

Ketok palu! Musim F1 2026 akan ada menambahan sirkuit baru, ajang adu cepat kendaraan roda 4 ini telah mengumumkan bahwa Grand Prix Spanyol akan diadakan di Madrid dari tahun 2026 hingga 2035, kesepakatan ini sudah ditanda tangani oleh pihak IFEMA Madrid dan F1.

Sesuai dengan keterangan dari IFEMA, sirkut baru tersebut akan masuk kategori hybrid circuit, dengan kata lain sirkuit ini akan menggabungkan jalan raya dan non jalan raya. Konsep hybrid circuit ini sudah pernah diterapkan, yaitu pada Sirkuit Melbourne.

Seperti Apa Gambarannya?

Peta Sirkuit IFEMA Madrid (ifema.es)
Peta Sirkuit IFEMA Madrid (ifema.es)

Sirkuit ini nantinya akan memiliki panjang 5,47 km dengan estimasi waktu putaran kualifikasinya yakni 1 menit 32 detik. Dibangun di ibu kota Spanyol, sirkuit ini menampilkan 20 tikungan dengan kapasitas penonton sebanyak 110 ribu dan akan ditambah menjadi 140 ribu setelah 5 tahun pelaksanaan.

“Madrid adalah kota yang luar biasa dengan warisan olahraga dan budaya yang menakjubkan, dan pengumuman hari ini memulai babak baru yang menarik bagi F1 di Spanyol,” kata Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1

Melihat Sirkuit Madrid ini, tidak fair kalau tidak membahas Sirkuit Valencia  dan Sirkuit Catalunya di F1, untuk Sirkuit Valencia sendiri sudah putus kontrak dengan F1, karena penyelenggara Sirkuit tersebut terlilit hutang, Sirkuit Valencia sudah menyelenggarakan F1 dari 2008 sampai 2012, padahal kontraknya sampai 2013. Sirkuit Valencia tergolong mewah pada pembukaanya dan penonton pun ramai menonton di Seri tersebut, namun lambat laun penonton yang tadinya ramai, berangsur-angsur menghilang karena lokasi Sirkuit tersebut jauh dari pusat kota dan tiket masuknya pun tergolong mahal.

Sementara Sirkuit Catalunya masih aktif sampai sekarang, bahkan sampai Sirkuit Madrid dibuka nanti, Sirkuit Catalunya masih beroperasi, seperti  El-Clasico  saja ya, El-Clasico sepak bola antara FC Barcelona dan Real Madrid, di F1 ada Seri Catalunya dan Madrid.

Kira-kira dari Sirkuit Catalunya dan Sirkuit Madrid ini, mana yang akan berpeluang long lasting?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun