Mohon tunggu...
Inezia Sukonco
Inezia Sukonco Mohon Tunggu... Blog

Mahasiswa Komunikasi Universitas Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjelajahi Jurnalisme Masa Depan

3 Maret 2021   15:45 Diperbarui: 3 Maret 2021   15:57 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelajahi Jurnalisme Masa Depan
Sumber: ontherecordunisa.com.au

Halo, para pencari informasi! Kembali lagi dengan artikel terbaru saya terkait dengan multimedia, yang kali ini akan mengangkat mengenai Jurnalisme Masa Depan dan hubungannya dengan multimedia.

Nama ini mungkin bukan nama yang familiar terdengar di kehidupan kita sehari-hari. Yuk kita kupas mengenai Jurnalisme Masa Depan ini jika terkait dengan multimedia!

Menurut McAdams (2014), sebenarnya tidak ada penjelasan pasti mengenai apa itu sebenarnya multimedia atau bahkan apakah itu masih digunakan atau tidak. Tapi, masih sering kita jumpai mengenai bagaimana kemampuan multimedia masuk ke dalam list kemampuan yang dicari untuk mendaftar pekerjaan. 

Berdasarkan survey yang dilakukan pada 29.000 orang jurnalis di seluruh dunia, didapatkan bahwa menurut mereka salah satu hal terpenting yang harus dimiliki adalah kemampuan new multimedia.

Sumber: nytimes.com
Sumber: nytimes.com

Salah satu contoh penting dari perkembangan new multimedia adalah "Snow Fall", yang merupakan sebuah cerita digital yang dibentuk menggunakan kombinasi dari banyak media oleh New York Times pada tahun 2012. 

Dengan gebrakannya, NY Times berhasil menarik lebih dari 3 juta pengunjung ke laman Snow Fall hanya dalam jangka waktu 10 hari pertama. 

Akhirnya storytelling dengan menggunakan multimedia terus menerus berkembang sembari para jurnalis bereksperimen dengan peluang-peluang baru yang bisa dihasilkan dari teknologi serta teknik terbaru ini.

Dengan hadirnya teknik baru ini, ada beberapa perubahan yang terjadi baik dari sisi produksi hingga konsumsi, yaitu

Complement, don't repeat. Dalam menghasilkan konten jurnalistik dalam masa multimedia ini, diharapkan informasi yang diberikan bukanlah informasi yang mengulang. Akan tetapi merupakan informasi yang bisa saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x