Mohon tunggu...
Inezia Sukonco
Inezia Sukonco Mohon Tunggu... Blog

Mahasiswa Komunikasi Universitas Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Film

Mengulik Kisah Persahabatan di Balik Genre Wedding Films

16 September 2020   22:05 Diperbarui: 16 September 2020   22:17 38 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulik Kisah Persahabatan di Balik Genre Wedding Films
559a466e20c4de512a2184df-5f622c3dd541df507d105562.jpg

Jika kamu mendengar "Wedding film" sebagai sebuah genre film, apa yang pertama kali kamu pikirkan? Mungkin banyak dari kita yang membayangkan film yang hanya membahas akan suatu peristiwa pernikahan. 

Peristiwa yang sering kita saksikan di dunia nyata dan mungkin hamper semua dari kita pernah datang atau menghadiri acara pernikahan ini. Akan tetapi, apakah genre "wedding" ini hanya membahas mengenai pernikahan saja? Atau apa sih yang bisa kita harapkan dari genre film ini? Kita kulik lebih dalam yuk!

Mungkin banyak yang masih belum mengenal akan keberadaan aliran film ini. hal ini dikarenakan seringnya genre film itu melibatakan aliran emosi seperti genre horror atau thriller. Lalu, sebenarnya apa sih genre film "wedding" itu? 

Berdasarkan Costanzo (2014), dalam bukunya yang berjudul World Cinema Through Global Genres, genre film ini adalah film-film yang memusatkan cerita dari filmnya kepada peristiwa pernikahan tersebut atau bisa dibilang bahwa peristiwa pernikahan inilah yang menjadi esensi dasar film tersebut.

Lalu apakah genre ini hanya sekedar memberikan kita film yang membahas mengenai peristiwa pernikahan tersebut? Tentu tidak. Costanzo menyatakan bahwa aliran film ini dapat memberikan para penontonnya banyak bentuk film dengan maknanya tersendiri, meskipun ditayangkan dengan menggunakan peristiwa pernikahan ini sebagai "medium" dalam penyampaian pesannya.

559a463120c4de512a2184db-5f622c51d541df5b9e6bf9b2.jpg
559a463120c4de512a2184db-5f622c51d541df5b9e6bf9b2.jpg
Dari banyaknya film yang dihasilkan dari aliran film ini, akhirnya Costanzo menemui kesamaan makna diantaranya adalah
  • Cerita mengenai bagaimana pernikahan merupakan idaman para perempuan, namun menjadi malapetaka bagi sang ayah.

Dalam konteks ini, cerita pernikahan biasanya membahas bagaimana seorang ayah, sebagai seorang lelaki memikirkan secara realistis pernikahan yang diadakan oleh sang putri. Akan tetapi, putri dari ayah ini sudah membayangkan akan "the wedding dream" yang telah menjadi idaman dirinya sejak kecil.

  • Film pernikahan sebagai rom-com atau romantic comedy.

Pernikahan yang biasa dijadikan sebagai simbol hasil cinta kedua insan, pastilah memiliki adanya romansa di dalamnya. Ditambahkan dengan sedikit elemen komedi di dalamnya dan viola! Jadilah film romantic comedy yang berfokus pada suatu peristiwa pernikahan ini.

  • Cerita mengenai persahabatan, pertemanan, dan penyabotase pernikahan.

Tak jarang juga kita menemukan adanya film pernikahan yang melibatkan keberadaan sepasang sahabat atau teman atau bahkan sepasang orang yang memiliki tujuan untuk menyabotase sebuah pernikahan.

  • Dark jokes dan disfungsi keluarga

Untuk wedding film jenis ini, biasanya membahas mengenai peristiwa perkawinan yang terjadi di antara sebuah keluarga yang memiliki banyak masalah.

Sebagai contoh bahasan untuk genre film ini, aku akan membahas bagaimana persahabatan menjadi topik utama dalam film Wedding Crashers (2005) yang disutradarai oleh David Dobkin dan dimainkan oleh Vince Vaughn, Owen Wilson, dan Rachel McAdams.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x