Mohon tunggu...
Indri Hapsari
Indri Hapsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hobi suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Adik-Adik, Yuk Buang Sampah pada Tempatnya!

13 Agustus 2022   16:04 Diperbarui: 24 Agustus 2022   14:04 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (11/08/2022) - Sampah merupakan masalah bagi setiap orang karena selalu dihasilkan setiap harinya dan bagi sebagian orang, dengan sampah bingung akan dijadikan apa. Bagi negara-negara maju, sampah sudah menjadi bagian penting dari sebuah industri pengelolaan dan pemanfaatan kembali. 

Namun tidak demikian dengan negara-negara berkembang. Sering kita temui banyak sampah menumpuk di sungai, gorong-gorong, bahkan di hutan pun kita bisa menemui sampah. 

Besarnya angka pembuangan sampah apabila tidak dikelola dengan baik, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya, dapat menjadi masalah lingkungan yang fatal. Mulai dari banjir, kelangkaan air bersih, polusi udara hingga munculnya berbagai macam virus dan bakteri. 

Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak harus mulai diberikan edukasi mengenai bagaimana cara mengelola sampah dengan baik, salah satunya dengan mengajarkan kepada mereka untuk memahami pentingnya membuang sampah pada tempatnya, supaya di kemudian hari mereka tertib dalam membuang sampah dan mengelola lingkungan.

dok pribadi
dok pribadi

Maka dari itu, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 yakni Muhammad Rizkuna Mubaroq memberikan edukasi melalui sosialisasi terhadap anak-anak di PAUD Kasih Ibu RW 2. Program ini dilaksanakan secara offline dengan memberikan penyuluhan dan pembagian poster secara langsung.

Dalam melaksanakan program, mahasiswa yang akrab disapa Rizkuna terlebih dahulu melakukan survey dan penelitian secara singkat mengenai permasalahan yang dialami dan dikorelasikan dengan isu nasional dan global bahwa masalah sampah adalah masalah yang sudah terjadi sejak lama dan tetap akan menjadi masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama.

Kemudian, Rizkuna berpikir bahwa penanaman pemahaman mengenai pentingnya mengelola sampah dengan baik idealnya diberikan kepada anak usia dini. 

Rizkuna kemudian mengurus perizinan kepada PAUD Kasih Ibu RW 2 untuk melakukan sosialisasi dan menyebarkan poster kepada anak-anak yang berada disana.

dok pribadi
dok pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan