Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Freelance Writer, Praktisi PR di berbagai organisasi internasional (1990-2011) Twitter: @IndriaSalim IG: @myworkingphotos fb @indriasalim

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Di Hari Thanksgiving, Facebook "Pingsan"

28 November 2019   22:52 Diperbarui: 28 November 2019   23:19 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshot judul artikel detik.com | Dokpri

Pukul 21.45 wib, saya iseng buka facebook, tapi tidak bisa log in. Lalu saya lalukan test log in dari HP satunya, bisa. Saya cek dua menit kemudian, tidak bisa update. Saya log out, lalu log in kembali dan ternyata sama, mendapatkan notifikasi seperti di tangkapan layar ini.

Saya cek google dengan kata kunci "facebook down, 28 November 2019" dan saya dapatkan beritanya dari dailymail.uk.com

Penasaran, saya google "detik, facebook, 28 November 2019" dan ternyata detik sudah memberitakan hal ini, dan melansir bahwa tidak hanya facebook saja yang sedang down, melainkan juga instagram.

Bedanya, tidak semua pengguna instagram mengalami masalah dalam mengakses platform datu keluarga facebook tersebut.

Akses instagram saya lancar meski facebook gagal akses |dokpri
Akses instagram saya lancar meski facebook gagal akses |dokpri
Saya coba akses ke instagram, lancar-lancar saja. Jadi memang sesuai dengan berita di detik.com.

Intinya facebook tidak bisa diakses oleh pengguna dari seluruh dunia, sedangkan instagram hanya sebagian yang tidak bisa mengakses. Itu per hari ini, 28 November sejak pukul 21.45 wib dari HP saya, yang mendekati kesamaan dengan pemberitaan di media yang saya sebutkan di atas, yaitu sejak pukul 14.00 GMT.

Seperti biasanya, pengguna medsos instagram dan facebook memanfaatkan twitter sebagai sarana saling cek dan pengkinian berita yang tidak terkena imbas "pingsan" dari facebook.

Demikian, sekilas info yang saya dapatkan setelah mengalami sendiri gagal akses di facebook, yang sempat saya kira "kena cekal" karena alasan  tidak jelas, atau "kena hack".

Coba saja pembaca mengakses facebook atau instagram masing-masing, dan mari kita simak temuan apa yang memberi penjelasan tentang penyebab pingsannya medsos yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini.

:: Indria Salim ::

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun