Crowdfunding dan modal ventura adalah pilihan pendanaan yang bagus untuk pemula. Berikut ini pro dan kontra masing-masing.Â
Mengumpulkan uang untuk mendanai bisnis Anda adalah proses yang rumit. Ada banyak jenis opsi pendanaan yang tersedia, dengan dua opsi paling populer adalah pemodal ventura (VC) dan crowdfunding. Kami mendefinisikan dan menguraikan pro dan kontra dari setiap opsi, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang terbaik untuk mendanai bisnis Anda.Â
Apa itu crowdfunding?
Crowdfunding mengumpulkan uang melalui populasi yang lebih luas, bukan dari bank sentral, investor, atau kelompok investor. Ada empat jenis crowdfunding:
Crowdfunding Hadiah
Jenis crowdfunding ini dapat ditemukan di situs-situs seperti Kickstarter atau Indiegogo. Anggota yang mendanai perusahaan baru sering kali diberi insentif, seperti produk gratis atau akses awal untuk melihat layanan baru.
Urun dana ekuitas
Di sinilah investor yang menyediakan dana dan mengharapkan imbalan dengan imbalan ekuitas, atau kepemilikan, di perusahaan Anda. Salah satu contoh yang ada di Indonesia adalah JULIZAR.
Urun dana utang atau pinjaman mikro
Jenis crowdfunding ini sedikit lebih rumit dan melibatkan hal-hal seperti obligasi mini, pinjaman peer-to-peer, dan pembiayaan faktur. Sama halnya dengan di atas, Salah satu contoh yang ada di Indonesia Anda bisa pelajari di situs urun dana JULIZAR.  Perusahaan urun dana ini fokus memberikan pinjaman usahakepada UMKM-UKM di berbagai latar belakang industri, akan tetapi lebih banyak di bidang properti. Selain itu masih ada lagi seperti udana, santara dan lain sebagainya.
Urun dana berbasis donasi
Perusahaan berpartisipasi dalam jenis crowdfunding ini di situs seperti GoFundMe. Ini mirip dengan memberi penghargaan kepada crowdfunding, tetapi pendukung Anda tidak akan menerima imbalan apa pun.
Kelebihan crowdfunding
- Aksesibilitas: Mendanai bisnis Anda bisa sesederhana membuat postingan di situs seperti JULIZAR. Anda tidak perlu mengalami kesulitan keuangan seperti dengan bank atau VC.
- Umpan balik: Crowdfunding atau lazim juga disebut dengan Urun Dana adalah cara yang baik untuk tampil di depan pelanggan potensial. Sementara banyak yang mungkin ingin mendanai usaha pemula Anda, mungkin lebih berharga untuk meminta saran, jaringan dan mendapatkan umpan balik awal tentang produk atau layanan Anda.
- Validasi pasar: Mungkin Anda telah ikut investasi di pasar modal cukup lama; cara apa yang lebih baik untuk menguji nilai pasarnya selain memposting konsep Anda di situs crowdfunding?
Kontra crowdfunding
Ketidakandalan: Tidak ada jaminan bisnis Anda akan didanai jika berhubungan dengan crowdfunding. Meskipun VC dan bank tradisional juga tidak dijamin, mereka adalah lembaga pemberi pinjaman yang memberikan uang kepada usaha kecil secara teratur. Jika Anda memiliki ide bagus, tidak berarti publik akan setuju.- Skalabilitas terbatas: Crowdfunding seringkali dapat menjadi putaran pendanaan satu kali. Itu berarti setelah tujuan Anda tercapai, Anda mungkin tidak dapat mengumpulkan lebih banyak dana.