Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Eratnya Muatan Lokal Menjaga Kearifan Lokal di Bali

13 Oktober 2023   20:24 Diperbarui: 14 Oktober 2023   12:01 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa mengikuti lomba menulis aksara Bali Kamis (9/2/2023) di Wantilan Sasana Budaya Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.(Kompas.com/Ahmad Muzakki)

Saya pernah bertanya secara personal kepada seseorang mengapa masyarakat Bali sangat kuat menjaga budaya dan tradisi secara turun menurun? 

Contoh sederhana anak kecil banyak yang pintar menari, sudah bisa menganyam kerajinan dari bambu, menggunakan bahasa bali dalam aktivitas sehari-hari, dan sebagainya. 

Tidak semua daerah lain sekuat Bali. Saya iseng meminta beberapa teman saya yang lahir dan besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur saat kuliah. Saya meminta mereka menulis sebuah kalimat dengan aksara Jawa. Nyatanya hampir semua lupa atau tidak bisa menulis dalam aksara Jawa. 

Generasi Muda Yang Berlatih Menari Bali Demi Menjaga Budaya Lokal | Sumber Antara News
Generasi Muda Yang Berlatih Menari Bali Demi Menjaga Budaya Lokal | Sumber Antara News

Kondisi berbeda ketika saya berinteraksi dengan teman asal Bali. Saya mencoba menulis aksara Bali dan bertanya apakah teman-teman kuliah asal Bali bisa menebak apa yang saya tulis. Ternyata mereka bisa membaca tulisan yang saya tulis dan kaget bahwa saya bisa menulis aksara Bali. 

Berdasarkan data Kemendikbud melalui Kompas.com, ternyata sudah ada 11 bahasa daerah punah di Indonesia. Ini dikarenakan sudah tidak ada penutur asli karena masyarakat menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah lain untuk berkomunikasi. 

Bahasa Jawa, Bahasa Sunda,Bahasa Batak, Bahasa Melayu atau Bahasa Bali dianggap akan bisa lestari karena masih terjaga dan digunakan oleh masyarakat.

Rentannya Kepunahan Bahasa Daerah Di Beberapa Wilayah Di Indonesia | Sumber Kompas.com
Rentannya Kepunahan Bahasa Daerah Di Beberapa Wilayah Di Indonesia | Sumber Kompas.com

Saya mencoba menganalisis mengapa budaya dan tradisi masyarakat Bali tetap terjaga hingga ke generasi muda saat ini? 

Ternyata peran muatan lokal yang diajarkan semasa sekolah didukung adanya Peraturan Daerah yang mengatur tentang hal berkaitan dengan tradisi dan budaya ikut berperan penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun