Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pesta Kesenian Bali, Hiburan Rakyat Bali Bernuansa Budaya dan Tradisi

24 Juni 2022   15:32 Diperbarui: 24 Juni 2022   15:45 256 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Acara Pesta Kesenian Bali 2022 | Dokumentasi Pribadi

Jika di Jakarta terdapat Pekan Raya Jakarta (PRJ) maka di Bali juga memiliki event tahunan bernama Pesta Kesenian Bali (PKB). 

Menguntip dari salah satu portal budaya, PKB telah ada sejak tahun 1979 yang dicetus oleh Ida Bagus Mantra yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bali ke-6 (Sumber Klik Disini). 

Tujuan dari kegiatan PKB ini untuk mendukung perkembangan seni serta melestarikan budaya leluhur yang terdapat di Pulau Bali. Tidak dapat dipungkiri bahwa secara tidak langsung kegiatan seni di Bali telah menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Pada awal berdiri kegiatan PKB di selenggarakan selama 2 bulan (20 Juni hingga 23 Agustus 1979). Namun kini kegiatan ini diselenggarakan selama 1 bulan yang biasanya dilakukan di pertengahan bulan Juni hingga pertengahan Juli.

Sayangnya pada masa Pandemi, kegiatan ini sempat dilakukan secara virtual tanpa melibatkan penonton secara langsung. Tentu ada perbedaan atmosfer ketika menonton pertunjukan seni secara langsung dibandingkan melalui virtual. Bersyukurlah tahun ini, PKB dilakukan melalui offline maupun online.

PKB 2022 merupakan PKB Bali ke-44 dengan teman Huluning Amreta atau Memuliakan Air Sumber Kehidupan. Pembukaan telah dilakukan pada tanggal 12 Juni 2022 dan diagendakan akan berakhir pada 10 Juli 2022. 

Secara garis besar, acara PKB akan terdiri dari 8 kegiatan yaitu :

  1. Peed Aya (Pawai)
  2. Wimbakara (Lomba)
  3. Kriyaloka (Lokakarya)
  4. Widyatula (Sarasehan)
  5. Utsawa (Parade)
  6. Rekasadana (Pagelaran)
  7. Kandapura (Pameran)
  8. Adi Sewaka Nugraha (Penganugerahan Bagi Pengabdi Seni)

Tidak ingin melewati acara tahunan ini, saya sengaja menyempatkan diri datang ke Taman Werdhi Budaya Art Centre Bali yang terletak di daerah Panjer, Denpasar pada Minggu, 19 Juni 2022. 

Sebelum kesini tentu saya sudah mencari terlebih dahulu terkait agenda pertunjukan yang akan ditampilkan setiap harinya selama masa PKB.

Pengunjung bisa membuka situs Dinas Kebudayaan Provinsi Bali (klik disini) untuk mendapatkan informasi terkait rangkaian kegiatan PKB 2022 atau bisa melakukan scan barcode dibawah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan