Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Kasus Kecelakaan Balikpapan Ajarkan Pentingnya Perawatan Armada Kendaraan

21 Januari 2022   19:31 Diperbarui: 22 Januari 2022   09:01 663 39 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pengecekan kendaraan kendaraan (Sumber: otomotif.kompas.com)

Masyarakat tengah berduka di mana sebuah truk kontainer menabrak sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah. 

Tabrakan ini diduga karena rem truk kontainer blong, sehingga kendaraan tidak bisa terkontrol saat berada di jalan menurun. 

Menguntip dari salah satu situs berita online, truk kontainer menabrak 20 kendaraan yang terdiri dari 14 motor dan 6 mobil. Dikabarkan ada beberapa korban tewas dan puluhan orang terluka karena kejadian ini (berita selengkapnya klik di sini). 

Ironisnya muncul pernyataan pihak manajemen perusahaan mengatakan bahwa sempat melarang sopir menggunakan truk kontainer tersebut. Artinya secara tidak langsung sopir mengetahui armada yang digunakan tidak layak jalan. 

Selama 2 tahun lebih, saya pernah berada di divisi distribusi. Bermula sebagai asisten manager hingga dipercaya sebagai Distribution Manager sedikit banyak paham tentang pentingnya menjaga kelayakan armada. 

"Nyawa sopir itu di jalan dan sangat tergantung armada," begitulah kata-kata yang sering dilontarkan para sopir di perusahaan saya. 

Ini tidak salah karena seringkali sopir harus dituntut prima dalam bekerja. Tidak jarang ada target pengiriman yang harus dicapai. 

Di sisi lain situasi di jalan tidak bisa ditebak. Kadang panas terik, hujan deras, macet di jalan atau armada mengalami kerusakan tiba-tiba. 

Berdasarkan sedikit pengalaman, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dan diperhatikan untuk menjaga keselamatan berkendara di jalan. Apa saja itu? 

1. Sopir Harus Paham Otomotif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan