Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Perkenalkan Dolar Petruk, Grup Pelawak Bali yang Melekat di Hati

5 Oktober 2021   08:04 Diperbarui: 5 Oktober 2021   08:51 601 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tokoh Petruk dsn Dolar Dalam Pentas Komedi Bal. Sumber Situs Bali Berkarya

Topik pilihan Kompasiana terkait pelawak mengingatkan saya dengan sosok grup komedi di Bali yang begitu melekat di hati. 

Dolar dan Petruk, begitulah nama beken yang diusung oleh dua orang komedian daerah bernama I Nyoman Subrata yang memerankan tokoh Petruk serta I Wayan Tarma dengan lakon Dolar. 

Sebenarnya masih ada tokoh atau pemain lain dalam pentas komedi yang dikenal dalam istilah drama gong Bali. Sebut saja Gangsar, Gingsir, Luh Mongkeg, Raja Buduh, Galuh Ajeg dan sebagainya. Namun sosok Dolar dan Petruk lah yang seakan menjadi ikon dari pentas tersebut. 

Bagi sebagian kalangan mungkin tidak asing dengan tokoh Petruk mengingat tokoh ini sering diangkat dalam perwayangan maupun dalam kesusastraan Jawa dan Bali. Namun lakon Dolar memang seakan adalah sosok khusus yang diangkat dalam pentas ini. 

Sekilas Petruk ditampilkan sebagai sosok tinggi,bertubuh kurus yang memiliki watak cerdas. Disisi lain Dolar ditampilkan sebagai sosok pria gembul, polos dan kurang cerdas. Tidak heran Sosok Dolar sering menjadi bulan-bulanan oleh Petruk yang justru menciptakan chemistry yang mampu membuat gelak tawa. 

Sebagai gambaran berikut beberapa cuplikan video pertunjukan Drama Gong Bali yang menampilkan kelucuan Dolar dan Petruk diatas panggung. 


Apa yang membuat sosok Dolar dan Petruk Melekat di Hati Masyarakat Bali? 

Jika ditanyakan kepada masyarakat Bali yang generasi tahun 70-90an pasti tidak akan asing dengan kedua sosok komedian ini. 

Tampilan kedua komedi ini begitu khas dimana petruk yang dimainkan oleh I Nyoman Subrata dengan riasan wajah yang berwarna putih seringkali bertindak usil kepada dolar yang tampak polos dengan riasan wajah merah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan