Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Hati-hati Terjebak Impulsive Buying, Lakukan 3 Hal Ini sebagai Pembeli Bijak!

23 Maret 2021   09:45 Diperbarui: 25 Maret 2021   22:36 676 28 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hati-hati Terjebak Impulsive Buying, Lakukan 3 Hal Ini sebagai Pembeli Bijak!
Aktivitas Belanja Online. Sumber: PYMNTS.com

Gilaaa, bentar lagi ada Flash Sale 4.4 nih. Pas banget masih awal gajian

Begitulah respon seorang rekan kerja yang seakan sudah mempersiapkan diri menyambut promo flash sale dari salah satu aplikasi belanja online e-commerce. Kini munculnya e-commerce semakin memudahkan masyarakat untuk memilih barang, membeli serta mencari harga termurah. 

Kenyamanan semakin meningkat dimana beberapa e-comnerce berlomba-lomba menawarkan promo seperti flash sale, Harbolnas, cuci  gudang, promo lebaran dan juga gratis ongkos kirim (ongkir). 

Saya pun sebagai konsumen begitu dimanjakan karena tidak perlu lagi keliling mencari barang di toko konvensional, hanya cukup buka gadget, buka aplikasi e-commerce dan klik untuk membeli. 

Nyatanya kenyamanan dan kemudahan transaksi di e-commerce telah menciptakan masalah baru yaitu adanya impulsive buying di sebagian konsumen. 

Mengintip dari salah satu sumber online, impulsive buying adalah tindakan konsumtif dengan berbelanja tanpa perencanaan terlebih dahulu dan bersifat spontan atau mendadak (sumber klik disini). 

Kondisi ini seringkali membuat pengeluaran membengkak tiba-tiba dan justru menciptakan penyesalan setelahnya karena barang tidak terpakai atau beli hanya karena hasrat sesaat.

Saya secara pribadi pernah mengalami hal ini. Ketika ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dari salah satu e-commerce. 

Saya seakan kalap mata melihat banyaknya potongan harga dan banyak terdapat produk yang menurut saya menarik untuk dibeli. 

Alhasil dalam hitungan sejam memilih produk dan memasukan dalam keranjang belanja. Tanpa sadar lebih dari 1 juta habis untuk belanja banyak barang mulai dari printilan tempat baju kotor hingga pakaian dan sepatu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x