Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Hanya seorang pria biasa

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Sudah Menikah Namun Pakai Dating App, Apakah Salah?

25 Agustus 2020   18:43 Diperbarui: 25 Agustus 2020   18:38 47 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Menikah Namun Pakai Dating App, Apakah Salah?
Pengguna Aplikasi Kencan yang Saling Cocok. Sumber Grid.id

Jika dulu ada pepatah, Jodoh itu Ditangan Tuhan tapi kini mulai berubah menjadi Jodoh Diatur Aplikasi

Bagi kaula muda akan sangat familiar dengan berbagai dating app atau aplikasi kencan seperti Tinder, Badoo, Meetme, atau Tantan. Sudah banyak kaum jomblowan dan jomblowati menemukan tambatan hati melalui aplikasi ini. Wajar mengingat aplikasi ini memang diperuntukan bagi mereka yang ingin mencari jodoh.

Saya ingat dulu di era 1990-an ada kolom kotak jodoh di media koran. Ada informasi tentang seseorang yang mencari jodoh dan mencantumkan kriteria pasangan yang dicari. Tidak hanya itu ditahun 2000-an pun sempat ada reality show seperti Kontak Jodoh yang berusaha membantu klien menemukan cinta sejatinya. Ada pula reality show seperty Take me out yang populer di beberapa negara termasuk Indonesia.

Saya ingat betul acara Take me out Indonesia yang sempat disiarkan di salah satu TV Nasional. Disini peserta cowok memperkenalkan 30 single ladies. Ketika para gadis merasa peserta bukan kriterianya maka lampu akan dipadamkan secara sendiri. Jika pada akhir sesi masih banyak lampu tersisa maka peserta cowok akan tetap mempertahankan 2 lampu yang menyala dan mematikan lampu yang masih tersisa. Jika kurang beruntung, lampu 30 single ladies mati semua artinya si peserta cowok belum menemukan jodoh saat itu juga.

Acara ini sempat populer hingga muncul versi lain seperti Take Him Out Indonesia ataupun Take me out Celebrity. Meskipun muncul selentingan bahwa seiring waktu acara tersebut terkesan setingan namun setidaknya cukup memberikan hiburan bagi para penonton di rumah.

Kini jaman sudah berubah dimana kita dapat menemukan jodoh hanya melalui aplikasi di gadget. Cukup menginstal dating apps yang diminati kemudian mengisi data diri dan tinggal memilih sosok yang kita inginkan. Bagi sosok yang kurang disukai cukup geserkan tangan ke kiri, jika tertarik maka cukup usap gadget ke kanan. Apabila saling cocok maka akan ada notifikasi dan bisa mulai saling mengenal satu dengan lainnya melalui fitur chat.

Masih ingatkah dengan kisah cinta Pablo Benua dan Rey Utami. Pasangan ini ternyata saling bertemu melalui salah satu dating apps. Bahkan dalam waktu singkat kedua sejoli ini saling jatuh cinta dan menikah. Hal menarik selama masa berpacaran yang singkat, Pablo tidak ragu memberikan Rey hadiah mewah mulai dari mobil hingga jam tangan mewah. Kisah cinta mereka bahkan viral pada saat itu.

Aplikasi kencan tidaklah salah bagi mereka yang berstatus single ataupun duda/janda. Namun bagaimana bagi mereka yang berstatus sudah memiliki pasangan (suami/istri) atau pacar?

Alasan klasik yang akan terlontar dari mereka yang berstatus sudah punya pasangan adalah untuk mencari relasi atau teman. Ini juga pernah diutarakan oleh salah seorang teman yang sudah memiliki istri namun memiliki akun di aplikasi kencan. 

Entah mengapa 95 persen hati saya mengatakan alasan sekedar mencari teman terdengar meragukan. Ini karena dari cerita teman saya yang sudah menikah namun aktif menggunakan dating apps. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x