Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Hanya seorang pria biasa

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mengintip Peluang Sukses Meski Sekedar Lulusan SMA/SMK

18 Juli 2020   15:56 Diperbarui: 21 Juli 2020   21:40 92 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Peluang Sukses Meski Sekedar Lulusan SMA/SMK
Ilustrasi Siswa Pendidikan SMA. Sumber Solopos.com

Setiap orang pasti menginginkan masa depan yang sukses baik dari sisi materiil, karir ataupun status sosial. Tidak sedikit mereka selepas lulus SMA/SMK/sederajat memilih melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Ini mengingat peluang kerja bagi lulusan perguruan tinggi lebih tinggi dibandingkan hanya sekedar lulusan SMA/SMK.

Saya tidak menampik hal ini mengingat banyak pekerjaan yang menyertakan fotocopy ijasah diploma/sarjana sebagai persyaratan. Ini pun berkaca pada tawaran kerja di perusahaan saya saat ini dan juga melihat beberapa posisi yang ditawarkan oleh perusahaan lain.

Di perusahaan saya untuk mendaftar sekedar staff admin minimal harus sarjana diploma apalagi untuk staff tertentu. Bukan maksud mengecilkan hati para lulusan SMA/SMK, manajemen mempertimbangkan kemampuan analisa, keterampilan hingga pemahaman ilmu menjadi alasan perusahaan merekrut lulusan sarjana. 

Saya memahami bahwa banyak lulusan SMA/SMK yang juga bisa bersaing dengan para lulusan sarjana. Namun inilah realita dunia kerja. 

Bahkan perusahaan dalam melakukan sertifikasi seperti ISO dan SNI pun mempertimbangkan sisi kualitas SDM. Semakin tinggi tingkat pendidikan SDM maka dianggap baik.

Di tempat saya yang bergerak di sektor industri, lulusan SMA/SMK kebanyakan dibuka untuk bagian produksi, bagian umum, maintenance, distribusi ataupun sales.

Saya percaya rejeki ditangan Tuhan dan setiap orang sudah memiliki nasibnya masing-masing. Oleh karena itu bagi yang sekedar lulusan SMA/SMK memiliki peluang yang sama untuk sukses.

Buktinya Susi Pudjiastuti, Bob Sadino, Sujiwo Tejo, Eka Tjipta Widjaja adalah sosok yang tidak sempat mengeyam pendidikan tinggi namun bisa sukses dibidangnya masing-masing.

Intinya peluang sukses selalu terbuka lebar selagi kita mau berusaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN