Indra Mahardika
Indra Mahardika Pegawai Swasta

Bercita-cita menjadi Pengusaha Sukses

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kehadiran Asus Zenfone Max M2 Menjawab Tantangan Para Gamer tentang Smartphone Idaman

11 Januari 2019   21:00 Diperbarui: 11 Januari 2019   21:04 224 0 2
Kehadiran Asus Zenfone Max M2 Menjawab Tantangan Para Gamer tentang Smartphone Idaman
Statistik Pengguna Jaringan Online di Indonesia. Sumber Situs Newzoo

Tidak dipungkiri bahwa saat ini produsen smartphone tengah berlomba dalam menciptakan produk smartphone dengan fitur canggih dan tampilan trendy sebagai daya tarik untuk konsumen dan membuat nyaman penggunanya. Hal lumrah bila saat ini hampir setiap bulan akan muncul produk smartphone keluaran terbaru dengan menonjolkan keunggulan masing-masing baik dari sisi operasi sistem, memori penyimpanan, fitur pendukung hingga tampilan display yang cenderung semakin besar.

Tahukah sobat bahwa, penikmat permainan online atau yang dikenal dengan istilah gamer adalah salah satu pangsa konsumen terbesar bagi produsen smartphone. Di Indonesia sendiri, jumlah gamer menunjukkan data yang cukup fantastis. Merujuk pada data Newzoo, para pemain game online atau yang dikenal dengan istilah gamers di Indonesia telah mencapai 42,8 juta orang. 

Data ini menunjukkan bahwa 1 dari 6 penduduk Indonesia adalah penikmat game online. Umumnya genre permainan online yang digemari seperti pertempuran, petualangan, permainan kartu, balapan dan beberapa genre lainnya.

Seperti apa sih smartphone idaman bagi seorang gamer?

Saya melihat bahwa setidaknya ada 5 kriteria yang dipenuhi agar dapat menjadikan sebuah smartphone menjadi andalan bagi seorang gamer. Kriteria tersebut yaitu : Memori penyimpanan besar (ROM dan RAM), layar besar, baterai awet, sistem operasi terupdate serta performa cepat. 

Kelima komponen ini sangat mempengaruhi satu sama lainnya seperti contoh smartphone memiliki layar besar, baterai awet namun memori penyimpanan kecil berarti hanya sedikit permainan yang bisa didownload ataupun gamer hanya bisa memainkan permainan yang kebutuhan kapasitas memori kecil. Tentu hal ini akan mengecewakan bagi seorang gamer. 

Begitu pula bila smartphone memiliki memori besar didukung dengan layar besar serta baterai awet namun performa smartphone sangat lambat. Ini akan membuat mood gamer akan labil karena disaat sedang permainan seru justru smartphone hank atau lambat saat pengoperasiannya. Untuk itulah saya tertarik untuk melakukan sebuah review produk Asus  keluaran terbaru dengan tipe Zenfone Max M2. 

Asus Zenfone Max M2. Sumber GSMarena
Asus Zenfone Max M2. Sumber GSMarena
Zenfone Max M2 direlease pada akhir 2018 sehingga masih menjadi andalan dari Asus serta diharapkan dapat mengulang kesuksesan pada produk sebelumnya Zenfone Max M1. Produk ini memang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi gamer saat bermain permainan online. Apa saja yang menjadi keunggulan Zenfone Max M2? 

Sekilas Spefisikasi Asus Zenfone Max M2. Dikutip dari Berbagai Sumber
Sekilas Spefisikasi Asus Zenfone Max M2. Dikutip dari Berbagai Sumber
Layar Besar

Tampilan Zenfone Max M2 dengan layar sebesar 6,3 inchi  layar 19:9 resolusi HD+dengan berat hanya 160 gram semakin menjadikan Zenfone Max M2 sebagai smartphone idaman bagi seorang gamer. Bagaimana tidak dengan layar yang besar dan tidak berat di genggaman serta telah beresolusi HD+, gamer dapat memainkan permainan dengan leluasa dan nyaman. Ketika sobat bermain PUBG Mobile ataupun Mobile Legends : Bang Bang maka dengan tampilan display yang besar akan memudahkan kita melihat musuh dan melakukan pergerakan dengan lancar dan cepat serta tampilan grafis yang detail. Ketika tampilan display kecil, jempol tangan terasa kurang nyaman dalam bermain dan mata terasa cepat lelah karena harus fokus melihat gambar di layar yang terlalu kecil.

Kehadiran Zenfone Max M2 saya lihat sudah mampu membaca keinginan gamer tersebut. Ini terlihat dimana selain memperkenalkan produk dengan tampilan display yang besar hingga 6,3 inchi , Zenfone Max M2 juga dibekali dengan tampilan warna yang memukau yaitu mencapai 16juta warna. Kenyaman tentu berusaha diberikan oleh Asus kepada penggunanya.

Memori Penyimpanan Besar

Gamer pasti menginginkan memiliki smartphone dengan kapasitas memori besar sehingga dapat digunakan untuk mendownload permainan dalam jumlah banyak ataupun memainkan sebuah permainan online yang membutuhkan kapasitas memori besar. Zenfone Max M2 hadir untuk memuaskan hasrat tersebut dengan tersedianya memori RAM sebesar 3 GB dengan kapasitas memori internal mencapai 32 GB bahkan RAM Zenfone Max M2 bisa di-up hingga 4 GB.

Contoh Permainan Online Kapasitas Besar. Sumber Play Store
Contoh Permainan Online Kapasitas Besar. Sumber Play Store
Adanya memori besar ini maka sobat tidak perlu khawatir saat ingin mencoba berbagai permainan yang sedang populer saat ini seperti PUBG Mobile, Clash Of Clans, Mobile Legend : Bang Bang, Garena Free Fire maupun permainan lainnya. Bukan rahasia umum bila permainan online ini membutuhkan memori besar sehingga ketika sobat memiliki Zenfone Max M2 maka dapat merasakan semua permainan ini dalam satu genggaman. 

Bahkan permainan premium dimana untuk memainkannya sobat perlu melakukan pembelian seperti Baldur's Gate : Enhanced Edition yang dapat didownload pada google store dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2,7GB pun dapat sobat mainkan melalui Zenfone Max M2. Ketakutan akan keterbatasan memori akan tersingkirkan dengan hadirnya smartphone ini.

Baterai Awet

Kekhawatiran yang sering dirasakan oleh gamer adalah ketika sedang asyik bermain atau tengah dipuncak keseruan ternyata dihantui dengan informasi bahwa baterai lemah (lowbatt). Ketika sobat berada pada posisi ini, luapan emosi kekecewaan bahkan kemarahan seringkali terlontarkab. 

Tenang, ketika sobat mencoba Zenfone Max M2 maka sobat akan merasakan handphone terasa awet padahal sudah berjam-jam digunakan untuk bermain game online. Ini dikarekan Zenfone Max M2 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 4000 mAh artinya smartphone ini masuk kategori awet karena kapasitas penyimpanan baterai besar. 

Bahkan merunjuk pada situs resmi Asus, sobat dapat menggunakan Zenfone Max M2 selama 2 hari untuk penggunaan standar atau 8 jam untuk bermain Garena Free Fire. Bisa dibilang kemampuan baterai bisa membuat gamer puas bermain dari pagi hingga sore.

Sistem Operasi Terupdate dan Performa Cepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2